Film Fantasi & Fiksi Ilmiah Populer yang Diadaptasi dari Novel

Sesuatu dapat dikatan populer salah satunya bisa karena mudah dipahami sehingga banyak disukai orang. Nah film-film dibawah ini merupakan film-film Fantasi dan Fiksi Ilmiah adaptasi dari novel yang disukai banyak orang :D termasuk saya... hihihi....

The Lord of The Rings
The Lord of The Ring merupakan film trilogi fantasi yang disutradarai oleh Peter Jackson. Film ini di adaptasi dari novel karangan J. R. R. Tolkien dengan judul yang sama. Bereikut daftar film The Lord of The Rings:



Year Title
IMDB Ratings
2001 The Lord of the Rings: The Fellowship of the Ring
2002 The Lord of the Rings: The Two Towers
2003 The Lord of the Rings: The Return of the King

Harry Potter
Siapa sih yang  gak kenal Harry Potter? :D Film ini diangkat dari seri 7 novel fantasi populer yang dikarang oleh penulis Inggris yaitu J.K. Rowling. Mengisahkan tentang penyihir remaja bernama Harry Potter dengan para sahabatnya yaitu Hermione Granger dan Ronald Weasley yang merupakan pelajar dari sekolah sihir Hogwatrs. Inti cerita novelnya yaitu Harry berupaya mengalahkan penyihir jahat bernama Lord Voldemort yang berambisi untuk menjadi makhluk abadi. Berikut 7 daftar film Harry Potter:



Year Title
IMDB Ratings
2001 Harry Potter and the Sorcerer's Stone
2002 Harry Potter and the Chamber of Secrets
2004 Harry Potter and the Prisoner of Azkaban
2005 Harry Potter and the Goblet of Fire
2007 Harry Potter and the Order of the Phoenix
2009 Harry Potter and the Half-Blood Prince
2010 Harry Potter and the Deathly Hallows – Part 1
2011 Harry Potter and the Deathly Hallows – Part 2

The Hunger Games
The Hunger Games merupakan film fiksi ilmiah yang diangkat dari novel karangan Suzanne Collin dengan judul yang sama. Film ini disutradari oleh Gary Ross, diproduseri oleh Nina Jacobson dan Jon Kilik, dengan skenario ditulis oleh Ross, Collins, dan Billy Ray.

The Hunger Games menceritakan tentang seorang gadis berusia 16 tahun bernama Katniss Everdeen (Jennifer Lawrence) yang tinggal di sebuah tempat bernama Distrik 12, di mana mayoritas penduduknya bekerja sebagai penambang. Distrik 12 adalah sebuah distrik terakhir, salah satu dari 12 distrik di negara yang disebut Panem. Panem sendiri merupakan sebuah negara dimana dulunya Amerika Utara pernah berada, yang setelah bencana besar di Bumi menjadi satu-satunya wilayah yang selamat. Karena pemberontakan gagal terhadap pemerintahan Panem 75 tahun sebelumnya, pemerintahan Panem lantas melakukan sebuah kompetisi maut yang diadakan di ibukota negara yang bernama Capitol. Kompetisi tersebut bernama The Hunger Games. Berikut daftar film The Hunger Games:

Movie, Poster, Novel, Cover


Year Title
IMDB Ratings
2012 The Hunger Games
2013 The Hunger Games: Catching Fire
2014 The Hunger Games: Mockingjay – Part 1
2015 The Hunger Games: Mockingjay – Part 2

Divergent
Divergent merupakan film fiksi ilmiah yang diadaptasi dari novel trilogi karangan Veronica Roth dari Amerika Serikat dengan judul yang sama. Berkisah tentang kota di Chicago masa depan usai perang nuklir yang menghancurkan dunia. Penduduk kota dibagi menjadi 5 faksi: Abnegation untuk orang-orang yang tidak mementingkan diri sendiri dan tanpa pamrih; Amity untuk orang-orang yang cinta perdamaian; Candor untuk orang-orang jujur; Dauntless untuk orang-orang pemberani; dan Erudite untuk orang-orang cerdas. Setiap tahunnya, semua penduduk yang berusia enam belas tahun harus mengikuti tes bakat yang akan menentukan faksi yang paling cocok bagi mereka. 

Sebelum masuk faksi, seseorang harus melewati tes penentuan faksi (tes kecakapan) saat sudah menginjak usia enam belas tahun. Beatrice Prior atau yang lebih dikenal Tris (Shailene Woodley) adalah salah satunya. Namun ketika menjalani tes, ia merasa ada yang tidak beres. Ternyata, hasilnya Tris tergolong tingkat yang seimbang antara perpaduan faksi Abnegation, Dauntless, dan Erudite, yang menunjukkan bahwa ia adalah seorang Divergent.  Fakta yang mengejutkan adalah ketika Tris tahu bahwa salah satu instrukturnya, Four (Theo James), juga seorang Divergent. Tris dan Fourpun tetap berusaha untuk bertahan hidup di tengah persaingan politik yang ingin menyingkirkan para Divergent. Berikut daftar film Divergent:

Movie, Poster, Novel, Cover


Year Title
IMDB Ratings
2014 Divergent
2015 Insurgent
-
Allegiant
-

The Maze Runner
The Maze Runner merupakan film fiksi ilmiah yang diadaptasi dari novel Tetralogi karangan James Dashner (Amerika Serikat) dengan judul yang sama dan disutradarai oleh Wes Ball. Film ini menceritakan tentang seorang remaja bernama Thomas yang dibawa kesuatu tempat asing dimana tempat tersebut dikelilingi tembok-tembok tinggi. Ingatannya menghilang sehingga ia tidak tahu namanya dan bahkan tidak mengenal diri dan masalalunya. Thomas sangat penasaran dengan tempat yang ada dibalik tembok tersebut. Penasarannya yang tinggi dan nyalinya yang besar melebihi teman-teman barunya yang tinggal ditempat tersebut selama bertahun-tahun membuatnya melanggar perautaran yang dibuat oleh teman-temannya itu dan ia akhirnya berhasil mengetahu misteri dibalik tembok tempat ia tinggal sekarang. Sebuah labirin besar dengan makhluk yang mematikan. Hanya pelari yang handal yang diperbolehkan mencari jalan keluar dari labirin mematikan tersebut. Berdasarkan novelnya, terdapat 4 seri The Maze Runner yaitu The Maze Runner, The Sxorch Trials, The Death Cure, dan The Kill Order. Namun informasi mengenai filmnya, hanya 2 (dua) saja dan kemungkinan film ini akan menjadi film Tetralogi seperti novelnya.  Berikut daftar film The Maze Runner:

Movie, Poster, Novel, Cover


Year Title
IMDB Ratings
2014 The Maze Runner
2015 The Maze Runner: The Scorch Trials

Nah itu dia film Fantasi dan Fiksi Ilmiah (Sci-Fi) populer yang diadaptasi dari novel :D. Gimana? tertarik untuk menonton atau baca novelnya? :)

Baca Juga

Komentar