About The Sims 3

(Updated: Minggu, 23 Maret 2014)

Sekilas tentang The Sims
Mungkin bagi newbie atau pendatang baru merasa bingung dengan permainan ini. The Sims lebih sederhananya bisa disebut seperti permainan jaman dahulu sekitar tahun 90-an yang dikenal sebagai 'bepe-bepean' atau Boneka Barbie. Hahahaha cuma bedanya sekarang permainan tersebut diubah kedalam bentuk digital yang dimainkan di komputer.  Jadi gak usah capek-capek beresin lagi kalo udah beres maen.
 
About The Sims 3, Game, EA, Simulation
Image Source: http://www.thesims3.com/

The Sims keluaran pertama, visualnya masih sederhana, 3D namun masih banyak yang kaku. Lalu berlanjut ke The Sims 2 yaitu perbaikan dari The Sims pertama. Kalo dilihat-lihat, pada The Sims 2 lebih imaginatif  seperti adanya kota Alien, makhluk alien, Ufo jatuh, ada mesin yang aneh-aneh, dan bisa menikah dengan Alien sehingga keturunan dari Sims kita (Sims: Sebutan dari manusia didalam game The Sims) kulitnya berwarna hijau. Tahun 2009, kalo gak salah muncul The Sims 3 yang semakin ramai untuk dimainkan. Kenapa? karena dia berbeda dari yang sebelumnya. Dari visual Sims sudah semakin baik tidak sekaku yang sebelumnya, dan yang paling menonjol dalam The Sims 3 yaitu bisa berkunjung ke rumah tetangga, bermain di luar rumah maupun taman kota, bisa berjalan-jalan atau joging di luar rumah menyusuri jalan, bisa mengendarai mobil, dan dalam game ini dibuat se-nyata mungkin.

Apa itu Expansion Pack dalam The Sims 3?
Nah jadi gini, ekspension pack mungkin bila disederhanakan itu ibaratnya seperti plug-in. Jadi kalo mau maen The Sims 3, jangan install The Sims 3 yang Expansion Pack nya terlebih dahulu. Harus bertahap, karena kalo gak, gak bakal bisa dimainin. Dan yang paling utama adalah, install The Sims 3 Basic-nya dulu. Lalu setelah meng-install The Sims 3 Basic, barulah bisa meng-install Expansion pack-nya sebagai tambahan fitur dalam permainan ini. Adapaun keseruan yang bisa didapat dari Expansion Pack yaitu The Sims 3-nya jadi lebih seru dan lebih bervariasi lagi sesuai tema atau judul Expansion Pack itu sendiri. Sebagai contoh, ketika menambahkan Expansion Pack The Sims 3 Late Night maka akan ada kota baru yang bisa ditempati untuk dimainkan :)

Expansion Pack di The Sims 3 apa aja sih?
Sampai saat ini yang sudah saya mainkan adalah sebagai berikut:
  1. The Sims 3 World Adventures
  2. The Sims 3 Ambitions
  3. The Sims 3 Late Night
  4. The Sims 3 Generations
  5. The Sims 3 Pets
  6. The Sims 3 Showtime
  7. The Sims 3 Supernatural
  8. The Sims 3 Seasons
  9. The Sims 3 University Life
  10. The Sims 3 Island Paradise
  11. The Sims 3 Into The Future

World Adventures
Kelebihan dari The Sims 3 World Adventures adalah kita bisa traveling ke Perancis, China, dan Mesir. Untuk pergi kesana, The Sims harus membeli tiket melalui ponselnya. Ingat, uangnya juga harus memadai. Untuk cerita lebih panjangnya mengenai The Sims 3 World Adventures, silahkan baca disini.

Ambitions
Di The Sims 3 Ambition terdapat kota baru. Selain itu terdapat sejumlah profesi yang bisa kita lihat pekerjaannya seperti Arsitek, Pemadam Kebakaran, Pemburu Hantu, Tukang Salon atau Tatto, Penulis, Pematung, dan lain sebagainya. Disni juga kita bisa nyuci kayak di loundry, bisa jemur pakaian. Begitulaaaah :D  Enaknya lagi, pas ke salon kita bisa ganti-ganti baju lho.. hahaha caranya, pergi ke salon, terus ngaca... abis gitu dandan deh :D Untuk lebih lengkapnya disini.

Late Night
Nah kalo di Late Night ada vampire-nya. Terus kalo gak punya kendaraan pribadi, saat mau pergi kemana-mana kita gak pake Taxi secara full seperti biasanya, melainkan dilanjut dengan menumpangi kereta bawah tanah yang disensor (Lho! Intinya kereta bawah tanahnya gak diliatin). Tempat tinggal di Late Night rata-rata di apartmen.  Selain itu yang menarik di Expansion Pack ini yaitu kita bisa pergi ke Bar, bisa bikin grup atau apa aja, dan yang paling saya suka yaitu mempunyai grup band :D Gimana cara bikin group band-nya? Lihat disini. Oh iya, disini kita bisa jadi aktor/aktris lho... :D. Kalo di dunia nyata gak kesampean, seenggaknya di The Sims 3 bisa kesampean gitu.. hehehe cuma siap2 aja nanti diburu wartawan dan dibenci oleh masyarakat.

Generations
di Generation ini lebih kearah menambahkan beberapa fitur seperti lulus sekolah dengan gelar diploma dan juga lebih ke arah 'ke-generasian'. Jadi misalkan Sims kita punya investasi di suatu perusahaan. Walaupun Sims kita meninggal, uang dari hasil investasi tersebut dapat diturunkan atau diwariskan ke keluarga.

Pets
Dalam The Sims 3 Pets kita adapat memelihara 3 macam binatang yaitu kuda, anjing, dan kucing. Satu lagi didalam The Sims 3 Pets, terdapat kota tambahan seperti kota binatang gitu. Oh iya, di Expansion Pack ini juga kita bisa berkuda lho! Hihihi....

Showtime
Ini lah waktunya kamu menjadi seorang penyanyi, seorang akrobatik, dan seorang pesulap. Showtime merupakan Ekspension Pack yang paling saya suka dari The Sims 3 :D karena saat saya berkarir menjadi seorang penyanyi, sungguh luar biasa pengalamannya. Mulai dari ngamen sana sini sampe nyanyi di Big Stage Hahahaha... Selain itu kamu bisa mendesain panggung pertunjukkan mu sendiri.

Supernatural
Di The Sims 3 Supernatural, kamu bisa menjadi karakter Peri, Srigala, atau pun Vampire. Intinya sih gitu. Kalo jadi peri, nanti kamu bisa terbang. Kalo jadi Srigala, nanti setiap bulan purnama kamu akan menjadi srigala. Kalo jadi Vampire? Ya udah mainin aja yah Expansion yang ini... biar kejutan :D

Seasons
Nah di The Sims 3 Seasons ini sih intinya nambahin musim. Terdapat 4 musim yaitu musim panas, hujan, gugur, dan musim dingin. Ntar kalo musim hujan jalanan jadi becek,  dan yang paling seru saat musim dingin, kita bisa bikin boneka salju :D Untuk lebih lengkapnya mengenai The Sims 3 Seasons, bisa lihat disini.

University Life
Disini kita bisa kuliah ke suatu tempat kayak di The Sims 3 World Advanture. Gak tau dimana tempatnya, intinya nanti pas main... buka ponselnya terus telepon buat kuliah gitu. Gak lama kemudian akan ada yang menjemput kamu dan membawanya ke suatu Universitas. Disana nanti The Sims kamu bakalan nge-kost, terus menjalani perkuliahan, melakukan eksperimen, dan lain-lain. Untuk lebih lengkapnya tentang The Sims 3 University Life, bisa lihat disini.

Island Paradise
Saatnya kamu berlibur di Pantai bersama The Sims 3 Island Paradise. Yang menarik disini adalah kamu bisa bikin rumah yang mengapung di air, bisa mengelola sebuah resort, dan bisa menyelam sampai ke dasar laut. Asyiiik kan..!!! :D Untuk lebih lengkapnya, lihat postingan lain yang mengupas tentang The Sims 3 Island Paradise disini.

Into The Future
Expansion terbaru yang satu ini bertema Masa Depan. Kamu bisa traveling menembus waktu ke masa depan dengan menggunakan alat yang cukup aneh dan mungkin tidak asing lagi bagi yang suka nonton film Doraemon. Yups! Nama alatnya adalah 'Mesin Waktu'. Menariknya, di masa depan tersbut akan terdapat banyak robot yang bisa diajak bicara sekaligus sebagai pembantu manusia. Wow, menarik yah! Nah, untuk lebih lengkapnya kamu bisa baca di postingan lain yang mengupas tentang The Sims 3 Into The Future disini.

Kalo The Sims 3 Stuff Pack itu Apa?
Kalo The Sims 3 Stuff Pack sih lebih ke arah nambahin furniture, aksesoris, gaya rambut, fashion, dan otomotif. Bagi yang suka desain fashion, rumah beserta seisinya mungkin The Sims 3 Stuff dapat membantu dari ketidak puasan terhadap aksesoris atau fitur tambahan yang terdapat di The Sims 3 Expansion Pack.

Nah.... itu aja dulu informasinya, semoga bermanfaat :D dan untuk informasi lebih lengkap, silahkan kunjungi situs resminya di www.thesims3.com ^_~

Baca Juga:

Komentar

  1. tanya dong.Klo mo nambahin expansion pack ke game The Sims 3nya gmana ya?

    BalasHapus
  2. ada yang tau cara instal the sims 3 world adventure ga? terus cara upddatenya gimana?makasih

    BalasHapus
  3. boleh kasioh tau kak, alamatnya buat download expansion nya dimana?

    BalasHapus
  4. Klo mo download, download di torrent bnyak biasanya tu...
    sayangnya internet saya kga boleh download di torrent :'(
    tpi gk apa lh..

    BalasHapus
  5. Kak, klo udh install sampe Into The Future tp Stuff Packnya blm k install semua
    Itu cracknha nanti gmn yaa?

    BalasHapus
  6. Misalkn sya instal expension pack pets lalu saya instal world adventure. saya bisa mainin dua duanya ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dong. Yang penting install dulu The Sims 3 Basicnya. Nah setelahnya mau install yang expansion atau stuff apapun pasti masuk dan nyampur :)

      Hapus
  7. download game yg praktis oceanofgames.com
    aku download semua sims 3 disitu kok

    BalasHapus
  8. Makasih kak infonyaa... btw kalo aku mau install 7 expansion bakal abis berapa giga ya diluar basiknya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya gak pernah install semuanya. Paling hanya beberapa aja :) Kalo spesifikasi komputernya kuat, hardisknya luas.... coba aja...

      Hapus
  9. Kan saya udah install basicny jadi kalo saya install expansionny banyak bakal nyampur??

    BalasHapus
  10. Exspansi pack itu game baru ato tabahan files?

    BalasHapus
  11. permisi kak mau tanya, kalo expansion packnya diinstal itu, apa gameplaynya jadi 1 sama the sims 3 basic? atau mungkin jadi berbeda aplikasi?

    kalo misalkan jadi 1 semua, jadi ukuran the sims basic 3 nya bertambah ya?


    misalkan saya instal the sims 3 basic, trus saya instal expansi pack yang Pets, jadi apakah gameplay the sims 3 saya bertambah fitur pets gitu? atau beda gameplay dengan the sims 3 yang basic?

    thanks kak,

    BalasHapus
  12. permisi kak mau tanya, kalo expansion packnya diinstal itu, apa gameplaynya jadi 1 sama the sims 3 basic? atau mungkin jadi berbeda aplikasi?

    kalo misalkan jadi 1 semua, jadi ukuran the sims basic 3 nya bertambah ya?


    misalkan saya instal the sims 3 basic, trus saya instal expansi pack yang Pets, jadi apakah gameplay the sims 3 saya bertambah fitur pets gitu? atau beda gameplay dengan the sims 3 yang basic?

    thanks kak,

    BalasHapus
  13. misi ini baru baca.. hehe

    ane newbie.. bisa dibilang udah telat buat ane main the sims 3, karena udah ada the sims 4.. tapi asik juga..


    mau nanya the sims 3 expansion nya bisa ditumpuk2 gak, soalnya belum nyoba.. misalnya yg late night + pets + seasons + supernatural.. jadi asik kayaknya kalo bisa tinggal di apartemen, plus melihara hewan, plus hidup di 4 cuaca, plus ngayal jadi manusia serigala.. haha.. tolong dijawab ya, jgn lupa centang notify me

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat-sangat bisa gan. Tapi PC agan harus kuat. Soalnya ngelag juga mainin di PC pas-pasan mah. Yang penting, install dulu The Sims 3 basic-nya. baru bisa install expansion pack atau stuff.

      Hapus
  14. Anuu, intel core i3 ram 2 kuat g ya, anggap aja hardisk nya kesisa gede

    BalasHapus

Posting Komentar