Tips & Trick Cepat Kaya di SIMCITY 5 / 2013

How to be reach in SIMCITY 5 / 2013?

Sebelumnya, saya kesal sekali karena sulit menjadi kaya raya di SIMCITY 5 ini. Sampai-sampai kota yang saya bangun menjadi bangkrut dan mood untuk memainkannya kembali menjadi hilang.

Mungkin setiap orang memiliki masing-masing cara agar kota di SIMCITY-nya memiliki banyak uang. Nah.... saya sendiri meniru cara teman saya yang berhasil membangun kotanya untuk berpenghasilan banyak dan berkembang menjadi kota dengan perekonomian yang kuat. Kenapa? Karena, meskipun pemasukan keuangan kota menbjadi minus karena banyak fasilitas yang dibuat untuk kemajuan kota, namun pemasukan minus tersebut mampu ditutupi dengan jumlah pemasukan hasil ekspor. Bagaimana cara membuat kota di Simcity 5 / 2013 berlimpahan pemasukan? Berikut caranya:

Membangun Kota Industri di SIMCITY 5 / 2013
  1. Saya memilih region yang memiliki Sumber Daya Alam (SDA) melimpah. Kenapa? Karena, saya akan membangun kota Industri.
  2. Atur kota sedemikian rupa, misal... wilayah industri disebelah mana dan wilayah pemukiman disebelah mana agar penduduk merasa nyaman. Maklmumlah, kota industri identik dengan polusi. Jadi, pemukiman dan perindustrian harus dipetakan dengan baik.
  3. Buatlah alur jalan yang tepat agar nanti kedepannya kota tidak terlalu macet.
  4. Setelah selesai membuat jalan, kemudian buatlah wilyah pemukiman, industri, komersil secukupnya. Kalo bisa, wilayah pemukiman harus lebih banyak agar jumlah penduduk kota cepat bertambah dan kita bisa menambahkan berbagai departemen di Town Hall dengan cepat.
  5. Jangan lupa buat PLN (Power/Listrik). Saran saya untuk langkah awal bisa pakai Listrik dari Coal. Jika kota Anda memiliki cukup banyak Coal, tidak perlu mengimportnya. Cukup buat penambangan Coal yang kemudian penambangan Coal tersebut dipakai untuk memenuhi tenaga listrik. Kenapa harus Coal? Soalnya tenaga listrik Coal tersebut cukup untuk menyuplai listrik kota tanpa menghabiskan lahan.

Town Hall (menambahkan departement)
  1. Departement yang paling utama ditambahkan adalah Departement of Utilities. Kenapa? Karena ini diibaratkan kebutuhan dasar manusia seperti air, pembuangan, dan sampah. Kalo deprtement ini tidak segera ditambahkan, berdasarkan pengalaman saya kota akan menjadi kacau.
  2. Departement berikutnya yang paling pentin untuk membangun kota industri adalah Departement of Education. Kenapa? Karena dengan pendidikan maka industri di kota tersebut akan cepat berkembang dan maju. Inilah awal kemajuan dari kota Anda.
  3. Selanjutnya Anda bisa menambahkan Departement of Finance untuk mengatur perpajakan (Tax) kota Anda. Misal penduduk berpenghasilan rendah (Low) Anda beri pajak yang murah dibanding dengan penduduk berpenghasilan menengah (Medium) atau tinggi (High). Hal ini bertujuan agar adanya keseimbangan perekonomian. Hahaha.... pokonya gitu deh.... soalnya saya bukan ahli ekonomi. Maaf kalo salah. Tapi yang saya rasain ya gitu, karena pajak yang diatur dengan baik sesuai kelasnya, penduduk jadi seimbang.

Export/Import
  1. Buatlah pabrik recycle sampah yang kemudian hasil recycle tersebut berupa plastic dan aloy dapat digunakan untuk bahan baku membuat processor. Maka setelah memiliki pabrik recycle tersebut, buatlah pabrik processor
  2. Setelah berhasil memproduksi processor, tentu kita harus menjual kembali processornya agar menghasilkan uang. Caranya, buat tempat Export/Import untuk menjual barang tersebut ke luar. Hal ini akan membuat kota anda kaya raya. Karena, sekali mengeksport processor, maka kota Anda akan mendapatkan pemasukan sebesar $100.500 kurang lebih.
  3. Jika tidak puas hanya mengekspor processor,  kita dapat mengekspor Komputer dan Televisi (TV).  Caranya, tambahkan Electronics HQ: Electronics Inc. kemudian penuhi target penjualan processor yang diinginkan  Electronics HQ: Electronics Inc (EHQ). tersebut. Maka setelah berhasil memenuhi target tersebut, EHQ dapat di upgrade ke level 2. Setelah itu nanti diminta memenuhi target kembali hingga EHQ dapat di upgrade kembali ke level terakhir yakni level 3. Dengan demikian, Anda dapat manambahkan pabrik Komputer dan Televisi (TV) untuk di ekspor yang tentunya hasil ekspornya jauh lebih tinggi dari hasil ekspor processor.

Processor, Simcity, 5, 2013

 Trade Depot, Simcity, 5, 2013, Eksport, Import

Simcity, 5, 2013


Education 
  1. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa, Departement of Education adalah cikal bakal kota industri Anda maju. Tapi, tidaklah murah bagi "wali kota" membangun tempat pendidikan, karena butuh biaya yang besar dan akan banyak pengeluaran pemerintah untuk menanggung biaya pendidikan tersebut. Kalo bahasa yang sering kita denger mungkin subsidi.
  2. Tapi jangan khawatir, dengan mengekspor processor tersebut, beban pemerintah akan teratasi. Meskipun pemasukan kota minus, dengan mengekspor barang yang penghasilannya sangat besar tersebut, akhirnya semua itu tidak bermasalah.
  3. Sebelum adanya Departement of Education, teknologi industri masih low dan banyak menghasilkan asap (polusi).
  4. Setelah adanya Departement of Education, kita bangun Community of Collage, dan teknologi industri bertambah ke level II (medium tech) yang lebih ramah lingkungan.
  5. Kemudian, membangun Universitas (university) fakultas Teknik (Engineering) agar teknologi industri bertambah ke level III (high tech) yang tentunya semakin canggih.

Education, University, Simcity, 5, 2013


Industrial, High End, Simcity, 5, 2013


Taman (Park)
  1. Setelah penduduk kota anda banyak, buatlah taman. Kenapa? Karena dengan menambahkan taman di kota (dekat-dekat pemukiman atau kawasan komersial) akan berdampak pada kelas sosial dan ekonomi. Contohnya, menambahkan taman kategori PLAZA di dekat pemukiman, maka gedung disekitar taman tersebut berubah menjadi hunian orang-orang kelas 2 (berpenghasilan medium) atau kelas 3 (berpenghasilan high).

High End Apartement, Simcity, 5, 2013


Nah.... itulah cara saya yang saya tiru dari teman agar cepat kaya di SIMCITY 5 / 2013. Semoga bermanfaat! :D

Baca Juga!

Komentar

  1. klo untuk kota bisnis atau tipe kota2 lain ad saran tips g gan

    BalasHapus
  2. Tips untuk... misal kota bisnis:

    1. Banyakin Comercial Zone, tapi harus diimbangi sama konsumen. Caranya banyakin penduduk.

    2. Sperti biasa, ketika jumlah penduduk semakin meningkat, nanti pilih Departement of Utilities.

    3. Setelah itu nanti pilih Departement of Transportation biar bisa nanganin macet (minimal ngurangin macet). Sekalian bikin Kereta Api sama Airport biar turis-turis gampang kalo mau berkunjung. Oh iya, bus juga penting biar orang-orang bisa naik kendaraan umum ke tempat tujuan.

    4. Kemudian tambahin Departemen of Tourism biar pada ngebuka bangunan-bangunan monumental yang tentunya bisa menarik wisatawan untuk berkunjung di kota kamu. Pernah, sekali bikin acara pertunjukan penghasilannya sampe ratusan ribu. Cuma, macetnya minta ampun. Jadi, perencanaan jalan dan tata kota penting untuk diperhatikan. Nah, satu lagi... bangunan monumental itu istilah realnya nih ngurangi kas daerah atau APBD kali yah ceritanya. Hahaha... jadi itu juga harus dipikirin karena setiap waktunya akan mengurangi uang kas (dalam SIMCITY).

    Dengan banyaknya turis yang berkunjung, nanti hotel-hotel (yang dibangun di Comercial Zone) jadi ada pengunjungnya :D

    Good luck....!!!

    BalasHapus
  3. untuk perpajakanya gimana? tolon tips untuk megatur pajakya dong. ka awalnya semua rata 9%. nah sat gimana kita harus menigkatan ajak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggal klik panah kanan kiri disekitar angka pajak (presentase pajak yang 9% itu). Semakin tinggi pajak semakin besar pendapatan kota yang kita bangun dan semakin mencekik rakyat (sims).

      Hapus
    2. 12% = Low Wealth
      11% = Medium Wealth, dan
      10% = High wealth
      Itu Angka maksimal yang bisa dicapai. Kalau melebihi persentase itu para SIMs akan mulai Complain dan Resident meninggalkan Kota. departemen​ Finansial perlu dibuka utk mengatur pajak low, medium, High.

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Gan ,cara bangun Electronic HQ gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus udah bisa ekspor Processor. Nanti ada pencapaian produk yang di Ekspor, baru deh bisa buat Electronic HQ

      Hapus
  6. Spesifikasi game simcity5/2013 nya berapa saya pengen beli nih game

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minimun:
      - AMD Athlon 64 X2 Dual-Core 4000+ or better or Intel Core 2 Duo Processor 2.0GHz or better
      - Windows XP/Vista/7/8
      - 2GB RAM
      - ATI Radeon HD 2x00 or better*
      nVidia 7800 or better*
      Intel HD Graphics or better*
      - Minimum 256 kbps download, 64 kbps upload

      Hapus
  7. tips tutorial untuk kota spesialisasi minyak dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk spesialisasi minyak, liat dulu wilayah kotanya banyak menyimpan minyak gak. Kalo banyak, baru cocok buat jadi spesialisasi minyak. Tinggal nanti buat aja pengeboran minyaknya.

      Hapus
  8. Populasi banyak tapi kok banyak industri dan commercial yg need workers gimana gan cara ngatasinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba agan liat Jalannya, kalo jalannya macet udah pasti penduduknya gak bisa ke tempat kerja. Caranya bikin lalu lintasnya lancar, agan upgrade jalannya.

      Hapus
  9. Gan mau main bareng simcity ga?

    BalasHapus
  10. Gan mau nanya kalo udah bangun universitas bagusnya membuat jurusan apa sesudah school of engineering?

    BalasHapus
  11. Misalkan kita jd kota spesialis wisata gitu kita mending tetep area industri atau ga usah?

    BalasHapus
  12. Bang Saya udah bangun banyak perumahan semua udah bentuk gedung tapi kok Tetep need worker

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iyaa... Itu masalah yg paling susah diatasi sama need shoppers

      Hapus
  13. masukan sedikit : untuk need shoppers (artinya butuh seseorang untuk berbelanja ditoko tsb) kita bisa membangun sebuah plaza di dekat komersial tsb. dan bangn sebuah kasino agar banyak turis berbelanja. intinya banyakin turis/tamu dari luar kota. bangun bangunan wisata.

    BalasHapus

Posting Komentar