Tips Cara Memainkan Game SIMCITY 5 / 2013

Ini pengalaman pribadi saya dalam memainkan game SIMCITY 5 / 2013 agar cepat banyak uang, dan kota cepat berkembang. Tapi ini pure tidak menggunakan semacam magic alias cheat dan lain sebagainya yang bersifat instant. Saya yakin setiap orang punya jalannya masing-masing dalam memainkan game ini. Maka dari itu, ini hanyalah tips yang jika Anda ikuti silahkan dan bila Anda tidak mau juga tidak memaksa :D yuuuuk ahhhh cekidooot....

 

TIPS:
  1. JALAN: Rancanglah jalan raya dengan pemikiran yang cukup matang. Hal ini sangat membantu Anda kedepan nantinya saat kota yang Anda bangun sudah maju dan berpenduduk banyak. Tujuannya adalah agar kota tidak terlalu macet dan saran saya, gunakan jalan-jalan yang lebar yah... apalagi di area kota bisnis, kemacetan sering terjadi disitu.
  2. DEPARTEMENT of UTILITIES: Ketika kota Anda sudah dibangun Residential Zone, Comercial Zone, Industrial Zone, beserta Power, Sewage, Water, maka Anda di perbolehkan membangun Town Hall. Kemudian jika penduduknya sudah mencapai 5000 maka akan diminta untuk memilih departemen apa yang akan tambahkan di kota Anda. Terdapat 7 Departement yang disediakan. Diantara ke-7 itu, saya sarankan untuk memilih Depatement of Utilities. Kenapa? Karena  menurut saya peran Departement tersebut sangatlah vital dan dibutuhkan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari yaitu air, pembuangan kotoran, dan tempat sampah. Jika hal ini tidak didahulukan, maka pertumbuhan kota akan tersendat dan berpengaruh ke segala aspek, karena di SIMCITY 5 / 2013 Anda dituntut untuk meningkatkan jumlah penduduk.
  3. DEPARTEMENT of EDUCATION: Departemen ini menurut saya hal terpenting ke-2 di game ini, karena dengan adanya Departement of Education maka akan menciptakan SDM yang berkualitas. Saran saya, ketika penduduk sudah berjumlah 15.000 dan diminta untuk menambahkan Departement kembali, alangkah lebih baiknya memilih Departement ini. Nantinya gedung-gedung sekolah yang terkunci akan dapat di gunakan sesuai persyaratan. Seperti University akan dapat digunakan bila total student yang belajar sudah mencapai jumlah 1200 siswa/hari.Keuntungan dari University sendiri yaitu untuk keperluan researh yang akan berpengaruh pada industrial maupun energi yang lebih canggih dan ramah lingkungan. Departement of Education sendiri terdiri dari beberapa spesialiasi seperti sience, law, engineering, dll. Jika Anda ingin membangun kota industrial, saran saya pilihlah spesialisasi engineering. Spesialisasi sience sendiri untuk, misal membuat listrik tenaga nuklir, atau listrik tenaga batu bara yang ramah lingkungan, dll. Saya lebih suka memilih spesialisasi ke enginneering dan science karena dengan keilmuan tersebut (dalam game ini) saya dapat mengekspor processor dan dengan demikian pendapatan kota menjadi besar.
  4. DEPARTEMENT of TRANSPORTATION: Ketika jumlah penduduk sudah mencapai 30.000, maka diperbolehkan untuk menambah Departemen. Saya rasa Departement of Transportation  Ini akan meringankan kota Anda dari padatnya arus lalu lintas. Jika lalu intas lancar, maka roda perekonomian pun akan lancar gak delay. Jalan lancar semua senang :D Nah, setelah menambahkan Departement ini, Anda bisa membangun stasiun dan lintasan kereta api, pelabuhan, serta bandara.
  5. DEPARTEMENT of SAFETY: Kemanan merupakan salah satu modal untuk mendapat kenyamanan. Tentunya Departemen of Safety juga penting. Ketika jumlah penduduk sudah mencapai 75.000 maka Anda diperbolehkan kembali menambah Departement. Awalnya saya merasa Departement ini gak terlalu penting, karena saya selalu tergiur dengan Departement of Tourism. Gak taunya, milih Departement of Tourism malah bikin kota makin macet. Saat jumlah penduduk meingkat, gedung-gedung bertambah tinggi, maka akan diikuti dengan tingkat kriminal yang juga tinggi dan yang sakit semakin banyak serta jangan heran bila akan banyak terjadi kebakaran dimana-mana. Maka dari itu, Departement ini juga penting.
  6. DEPARTEMENT of TOURISM atau FINANCE : Nah.... kalo penduduk di kota sudah mencapai 200.000 lebih, Anda dapat menambahkan Departement kemabali. Jujur, saya gak pernah bisa mencapai jumlah penduduk sampai 200.000 (berapa yah.. lupa!). Susah banget soalnya. Keburu terjadi macet dimana-mana dan penduduk banyak ngeluh tinggal di kota saya. Alhasil pertumbuhan ekonomi melambat, dan siap-siap.... pendapatan kota menjadi minus.

Oh iya  semakin banyak Anda membangun fasilitas umum baik transportasi, taman, listrik, pokonya yang bersifat punya pemerintah, maka hal ini akan menjadi tanggung jawab kota untuk membayarnya.

Mungkin itu saja yang bisa saya share kali ini. Mudah-mudahan bermanfaat buat pembaca :)


Baca Juga!

Komentar

  1. Thanks! Atas infonya

    BalasHapus
  2. bro, cara bikin departemen gimana? penduduk udah sampe 80 ribu tapi gak tau cara bikinnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Caranya, buat Town Hall dulu. Kalo udah buat Town Hall, baru deh bisa nambah Departement. Cara nambah Town Hall, bisa liat di postingan ini http://riaceuria.blogspot.com/2014/03/cara-memulai-permainan-di-simcity-5-2013.html

      Hapus
    2. klik bangunan town hall lalu klik bangunannya dan ada tombol edit dibawahnya. naah mau ditambahin apa disitu ada..

      Hapus
  3. Gan, ane pernah sampai 319.000. Gimana?

    BalasHapus
  4. saran buat yg pemula banget gimana nih bro, kan yg lu jelasin nih kedepannya, gimana kalo buat pemula ? apa aja yg perlu di perhatikan, trus pertanyaan ane pembangunan jalan emang harus besar dari awal apa nanti bsa d upgrade kan mahal nih biaya jalan kalo gede, sedangkan mnrut ane uang 50rb pun gk cukup buat bangun jalan, trus ntr udah bikin jln eehh tambangnya di tengah kota, kan gak asik, soalnya kita gk tau d mana letak batu bara dll, mohon pencerahannya bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jalan gede emang mahal gan. Makanya sebisa mungkin direncanaain mateng-mateng pembangunan kotanya dari awal. Yang pasti kedepannya tuh kota bakalan macet. Jalan bisa di upgrade kok. pilih jalan yang tipenya bisa di upgrade ke jalan yang paling mentok.

      Soal tambang mah bisa diliat di view. entar taro pertambangannya di tempat yang udah pasti banyak minyaknya misal. Saran, sebelum mutusin mau jadi apa kotanya, identifikasi dulu itu kota punya kekayaan alam apa. Kalo punya banyak minyak ya jd kota industri aja. Kalo gak punya, bisa jadi kota parawisata. Kalopun kotanya gak punya kekayaan alam yang berlimpah terus mau jadi kota industri, bisa aja, paling harus impor barang mentah dari kota lain. Gitu gan. Selamat bermain....

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. ada 2 pilihan play the game gan. pilih yg sanbox mode utk yg 1.000.000 uang. yg ptg coba utk tidak mngunakan cheat.

      Hapus
  5. Keren gan tipsnya, sangat berguna buat newbie

    BalasHapus
  6. Gan... Gw sampai 230k penduduk... Gw gk maen cheat loo... Kena disaster 3 kali masih selamat :v... Gw memanfaatkan medium sama low wealth :v semuanya berkat tipsnya agan (y) ... Tapi ujung2nya ancur gara2 dirubah jadi high wealth sama temenku... Kan coeg sekali :v

    BalasHapus
  7. Gan... Gw sampai 230k penduduk... Gw gk maen cheat loo... Kena disaster 3 kali masih selamat :v... Gw memanfaatkan medium sama low wealth :v semuanya berkat tipsnya agan (y) ... Tapi ujung2nya ancur gara2 dirubah jadi high wealth sama temenku... Kan coeg sekali :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow selamat yah gan udah sampe 230K, meskipun akhirnya jadi ancur gara-gara high wealth. Coba lagi gan....

      Hapus
  8. Balasan
    1. itu tingkat kekayaan. Kalo high berarti tinggi. Jadi maksudnya banyak penduduk kaya di kota kamu (dalam sims city)

      Hapus
  9. susah banget kalo high wealth ngurusnya malah penduduk berkurang terus. tipsnya gimna nih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus imbang. Kayak di dunia nyata aja biar stabil.

      Hapus
    2. ni aku punya salah satu cara biar sukses. ya gak tau mau dibilang ini curang apa tidak.
      tanpa cheat.
      setel semua harga2 di residental,komersial dan industrial dibagian paling murah saja sebagai contoh dibawah angka 9. nnti tiap tgl 03 awal bulan akan proses income money.
      nah pada saat sebelum tgl 03 itu naikkan semua harga Residental,komersil dan industrinya,,kalo perlu mentok pembayaran... duuh tapi kasian para sims kayak serasa kena tipu xixi.
      setelah menaikkan harga2 dan melewati tgl 3 diharuskan menurunkan harga2nya secara cepat.. karna kalo gak cepat2 bisa2 para sims tahu kita melakukan hal tadi.. hmmm agak gimana gitu sih cara ini tapi 100% akan sukses jika dilakukan dgn tepat.

      Hapus
  10. Gan buat gedung tinggi paling mentok gimana yak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu mah mentok dengan sendirinya gan. Di SIMCITY 2013, gedung tumbuh sendiri tergantung walikotan ngelolanya gimana :D

      Hapus
  11. Gan, gua ga bisa bisa bikin industri yaa? Gua ga ngeri nih.. gimana dong?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertama sebelum membangun industri liat dlu gan bagian bangunan special. klik bangunan produksi misalkan oli,emas,dll.. nanti akan kelihatan dibagian mana ada sebuah misalkan emas atau oli,dll.. terahkir bangun bangunan pengIMPORT untuk menyimpan hasil tambang tadi.
      masih banyak lagi yg lainnya gan.. mau memproduksi apa tergantung areanya juga.
      disamping sebelahan nnti jgn lupa ditaruh sebuah NATURE(alam/taman) agar tidak buruk polusi disitu.pastinya akan terlihat bersih.

      Hapus
  12. Gan, kalo ga ngebangun bangun apartemen /hotel itu kesalahan dari apanya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. dari hasil tips yg saya gunakan gan,, biasanya yg ngebangun apartement itu medium wealt keatas. jadi sebelah area pemukiman di taruhin sebuah taman dan plaza agar nantinya yg di area pemukiman itu org2 kaya. dikira2 sendiri untuk apartemen biasanya memakan 4 - 6 rumah akan menjadi satu apartement. jgn lupa agar jalan pakai yg 4-6 lanes.

      Hapus
  13. Kalo untuk letak jalanya ada tipsnya gak?

    BalasHapus
  14. Cara ekspor hasil bumi seperti baru bara, oli dan lai nya ke kota lain gimana ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. beli perusahaan perdagangan agar bangunan produksi oli,emas,coal,dll bisa dijual belikan lewat situ.itu bisa import maupun export. dan nilai harganya bisa di setel disitu. beli TRADE BUILLDING MARKET

      Hapus
  15. mantabbb nis inpo gan... lanjutkan

    BalasHapus
  16. Cara memperbesar dan memperkecil map dengan keybord, tanpa kursor gimana bang ?
    Soalnya gua kesusahan banget kalo beaar kecilin mamp nya pake manual

    BalasHapus

Posting Komentar