Cara Memulai Permainan di SIMCITY 5 / 2013

Ini dia game kesukaan saya, yaitu SIMCITY 5 / 2013. Entah nama pastinya apa, yang pasti game simulasi ini mengajarkan kita untuk belajar memanage sebuah kota agar kota tersebut tumbuh dan berkembang sesuai yang kita inginkan.  Lalu bagaimana cara memulai permainan yang satu ini? Yuk langsung aja  simak step by step dibawah ini:

1. Klik Play


2. Lalu Create Game, dan Next

 
3. Beri nama regional anda pada kotak dialog Name Region

 
4. klik salah satu region, kemudian Claim dan Play


Bingung ketika klik 'PLAY' lalu mau mulai permainan dari mana?
Mungkin pertama kali Anda memainkan game SIMCITY 5 / 2013 akan merasa bingung, "mau mulai dari mana?". Hal ini wajar, karena saya pun begitu awalnya. Sampai mengclaim game yang sulit lah, gak user friendly lah, pokonya macam-macam sampe nyesel.... kenapa harus penasaran sama game ini. Nah.... seiring berjalannya waktu, akhirnya tau juga. Ternyata, kunci utamanya adalah cermati petunjuk wanita (sebut saja narator yang ada di game tersebut, letaknya di sebelah kanan layar). 

Apa aja sih step by step-nya?
  1. Si Narator bilang "buat sambungan jalan!" : Naaaaah... kita buat aja sambungan jalannya di tools yang ada ikon jalan namanya 'Road'. Maksudnya, jalan yang sedikit itu adalah jalan diluar kota/wilayah kita. Untuk ada kehidupan di wilayah yang kita buat, maka harus ada sambungan jalan. Misalkan dari Kota Bandung mau pergi ke Kabupaten Sumedang, berarti harus ada jalan yang menyambungan kedua wilayah tersebut.
  2. Kemudian si Narator bilang lagi "Buat Wilayah (Zones) di tepi jalan yang sudah kamu buat tadi. Terdapat 3 Zones yaitu Residential (Pemuukiman), Comercial (Bisnis), dan Industrial (Industri). Anda tinggal pilih aja mau yang mana. Ketiganya juga boleh.
  3. Setelah Anda membuat zona-zona tersebut, selanjutnya Anda akan diminta untuk membuat PLN kalo di kita mah (Indonesia), artinya Anda disuruh membuat tenaga listrik yang disebut POWER. Ingat! Dalam permainan awal SIMCITY ini, Anda hanya diberikan sedikit Budget oleh si empunya game yaitu 50.000-an. Dengan uang segitu, Anda harus pandai-pandai mengatur keuangan. Tapi tenang kok, seiring berjalannya permainan, uang Anda akan bertambah (kalo menghasilkan).
  4. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk mebuat penampung air (Water) dan pembuangan kotoran (Sewage) untuk memenuhi kebutuhan wilayah Anda.
Biar lebih jelas, ilustrasinya sebgai berikut:

1. Buat sambungan jalan


2. Buat Zona (Residential, Comercial, Industrial) beserta listrik, air, dan pembuangan kotoran.

3. Bangun Town Hall biar bisa ngatur pajak di kota Anda

4. Setelah membangun Town Hall, Anda dapat me-rename kota Anda sesuai keinginan

Setelah keempat itu dibangun, maka  kota yang Anda buat akan berkembang. Tunggu saja pundi-pundi uang SIMCITY 5 / 2013 akan bertambah. Setelah mulai bertambah, tips saya.... bangunlah jalan yang lebih banyak lagi agar Anda bisa menambahkan ke-3 zona yang telah disebutkan diatas agar perekonomian kota Anda lebih cepat berkembang (gak mandeg). :)

Baca Juga!

Komentar

  1. saya suka sekali dengan simcity 5, kalau ada tolong donk minta plugin kota yang sudah jadi, saya tinggal melengkapi aja. makasih...I love simcity 5

    BalasHapus
  2. salam kenal..ane pengemar game berat simcity 5, tapi....ane belom pandai..mohon banyak bimbingan, thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip gan.... saya bantu sebisanya... :) Mungkin saya juga gak pandai2 bgt... hehe... sama2 sharing....

      Hapus
  3. iya...anda berada diregion mana ya....boleh gabung nggak ya?

    BalasHapus
  4. gan gimana caranya supaya income bertambah sih? masa pengeluaran ane lebih tinggi wkwkwkw please jawab yah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan terlalu banyak bikin fasilitas umum kayak taman, kantor polisi, pemadam kebakaran, sekolahan, listrik, air, seage, dll pokonya yang gak ngasih income dan harus dibiayai sama pemerintah. Buat tempat yang bisa ngasih pemasukan aja dulu diawal permainan/yang paling penting. Contoh, rumah, pabrik, toko. kaloi air (yang masih pake toren), sewage yang paling kecil, listrik angin, pokonya seperlunya aja dlu. Perlahan-lahan nanti baru buat yang lain-lainnya kalo udah punya pemasukan yang cukup memupuni.

      Hapus
  5. gan kok punya gua udh di bangun PLNnya tapi pemilik residentalnya ttp mengeluhkan listrik sih dan udh saya buka malah disitu tulisannya closed by mayor tolong tutoriap untuk powernya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya buka lagi dong kan kamu mayornya 😂

      Hapus
  6. Gan. Kalo bangunan selalu minta pekerja. Gimana gan? Ane selalu kekurangan pekerja padahal banyak bangunan yg udh ane buat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba bangun zona komersial (yang warna biru) dan Pabrik (warna kuning) ya istilahnya agan kurang menyediakan lapangan pekerjaan

      Hapus
  7. saat mulai saya kesulitan seting region nggak konect terus ada solusi gan

    BalasHapus
  8. Min alloy , plastic , metal . Itu dari mana ?

    BalasHapus
  9. Gan cara memindahkan bangunan bagaimana?

    BalasHapus

Posting Komentar