Tinta Printer INKJET EPSON INFUS Tidak Keluar? Mungkin Ini Penyebabnya...

Salah satu tinta Printer Inkjet Epson Infus anda tidak keluar, mungkin anda berpikir untuk meng-head celan-nya dengan menggunakan software bawaan printer Epson anda. Tapi, jika anda telah melakukan head cleaning berkali-kali sampai tinta mau habis, namun salah satu tinta warna printer tidak mau kunjung keluar juga, ini bisa disebabkan tinta mampet di head printer-nya atau selang infusnya juga mampet. Kenapa? karena tinta yang lainnya keluar seperti biasa. Hal ini bisa disebabkan karena printer jarang digunakan, sehingga tinta 'mengering'. Nah... mudah-mudahan bagi yang mengalami masalah yang serupa dapat mengatasinya.

Sumber: logonoid.com

Masalah ini berdasarkan pengalaman saya. Tinta printer EPSON saya yang diinfus, warna hitamnya tiba-tiba tidak mau keluar setelah diisi tinta refil baru (karena mau habis) dan sebelumnya saya memang sudah jarang lagi menggunakan printer. Saya akhirnya searching di google mencari penyebabnya. Jawaban dari salah satu artikel bilang:

"kemungkinan tintanya mampet di head printer, dan artinya head harus dibersihkan dengan cara dilepas head printernya, dibersihkan dengan cairan, dan bla bla bla. Mampet ini bisa terjadi karena printer jarang dipakai."

Karena saya gak bisa bersihin head, akhirnya saya bawa ke tempat service dekat rumah dengan harapan dia bisa bersihin head-nya. Namun, secara kilat (kurang lebih 1 jam, pokonya cepet banget) yang punya service bilang printer saya sudah selesai diperbaiki. Nyatanya tidak, ketika saya coba di rumah warna hitamnya tidak mau keluar alias sama-sama saja seperti sebelum di service. Akhirnya saya kembalikan lagi. Apa jawabannya setelah saya mengembalikan lagi? Beliau bilang bahwa:

 "head printer kira-kira tinggal 70% lagi dan biasanya setelah itu ptrinter akan rusak dan tidak akan bisa diperbaiki lagi. Kalaupun bisa harus ganti head printer yang harganya hampir sama dengan beli printer baru." 

Akhirnya saya membayar jasa service meskipun printer saya tidak fix.

Setelahnya saya membiarkan printer saya beberapa minggu karena merasa tidak ada harapan. Tapi, perasaan saya mengganjal belum puas dengan service sebelumnya karena spertinya head printer saya tidak dibersihkan (mereun). Perasaan itu menggiring saya untuk iseng-iseng nyari tempat service lain di Bandung. Kerennya, tempat ini bilang:

 "Jika printer tidak bisa diperbaiki atau bisa diperbaiki tapi spartepart tidak ada, maka tidak perlu bayar biaya service. Serta bila printer berhasil diprbaiki, maka ada garansi 1 bulan."

Dengan tawaran jaminan yang menggiurkan tersebut yang jarang saya temui ditempat service lain, akhirnya saya mencoba ke tempat service tersebut. Ketika kesana, teknisinya bilang, printernya dicek dulu mungkin perlu beberapa hari. Setelah 2 hari, tinta hitam printer saya kembali keluar dan beliau bilang

"Tinta hitamnya mampet di head printer dan di selang infusnya sehingga tinta hitam tidak mau kelua.r"

Sama seperti dugaan penulis artikel yang sudah saya baca sebelumnya, dan akhirnya printer saya kembali seperti semula dengan biaya srvice yang transparan, terjangkau, serta memuaskan. Semoga pengalaman ini bermanfaat ya... :D

Baca Juga

Komentar