Tips Merawat Printer Epson T13x dan Sejenisnya

Sebagai pengguna baru yang belum diterpa berbagai masalah pada printernya, umumnya tidak akan terlalu ambil pusing untuk merawat printernya. Jika printer tidak di infus dan menggunakan tinta original mungkin akan lebih praktis tapi biaya yang dikeluarkan cenderung menguras dompet. Ada cara hemat dalam penggunaan tinta printer yaitu dengan cara printer di infus. Infus pada printer dibagi kedalam 2 macam, yakni original dan manual (bukaan bawaan pabrik). Namun cara manual tersebut seringkali mengundang banyak resiko. Salah satunya yaitu bila terjadi kebocoran tinta yang mengakibatkan konslet sehingga printer bisa menjadi tidak menyala kembali. Mungkin beberpa tips dibawah ini berlaku khususnya untuk printer yang di infus. Tips ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi serta beberapa masukan dari jasa service printer.


Image source: www.sun-indonesia.com

  • Kenali printer Anda. Apabila nge-print kemudian terdapat tinta yang tidak sewajarnya pada kertas seperti ada bulatan tinta pada kertas, hal itu bisa saja bertanda bahwa tinta bocor. Untuk memastikannya, lepas catridge, taruh di lantai, diamkan kemudian lihat apakah tinta meleber ke lantai? Kalo iya, berarti bocor. Segerlah ganti dengan catridge baru sebelum terjadi konslet ke mainboard printer.
  • Rajin-rajin lah meng-cleaning printer Anda dengan cara, Control Panel - View Devices and Printer, Klik kanan pada ikon printer Anda (Epson), pilih Printing Preferences - klik maintenance, kemudian Head Cleaning. Tujuan Head Cleaning adalah untuk membuang tinta.
  • Biasakan nge-print sedikit demi sedikit. Misalnya saat Anda mau nge-print sebanyak 100 lembar, bisa 10 lembar atau 20 lembar/print. Lalu lanjut kembali hingga mencapai 100 lembar. Hal ini bermaksud agar printer beristirahat sejenak :D
  • Jangan mengguncang-guncang printer takut tintanya tumpah.
  • Tabung tinta infusnya ditaruh sejajar dengan printer.
  • Hindari mematikan printer dengan cara mencabut langsung dari sumber listrik, khawatir hal ini akan memperpendek umur printer.
Karena itu cuma tips, jadi bisa diikuti atau tidak. Setiap orang mempunyai caranya masing-masing dalam menghadapi suatu permasalahan. Semoga bermanfaat.... :)

Baca Juga:

Komentar