Printer Epson T13x Mati Tidak Bisa Nyala

Lampu Printer Berwarna Hijau Menyala Sebentar, Kemudian Printer Mati Kembali / Printer Mati Total
Permasalahan ini pernah dialami oleh saya pribadi pada tahun 2013. Saat itu usia printer saya baru sekitar 3 bulanan namun langsung gak bisa nyala. Pada saat itu saya tidak bisa mengclaim garansi karena saya membeli printer baru namun langsung di infus sehingga garansi menjadi hangus.

Image Source: www.epson.co.id

Sebenarnya saya menyadari kalau printer baru kemudian di infus, maka garansi akan hilang. Tapi sepengetahuan saya dari orang yang bergelut di dunia printer, katanya jenis printer epson memang boros tinta sehingga harus di infus. Dengan demikian epson sendiri mengeluarkan printer yang memang sudah di infus dari pabrikan, cuma harganya jauh lebih mahal dari pada kita membeli printer yang di infus dari tokonya. Kelebihan printer epson yang di infus dari pabrikan pastinya lebih terjamin dan garansi juga berlaku. Jadai, tinggal pilih aja mau yang mana :D

Apa yang menyebabkan printer Epson T13x mati?
Awalnya saya kaget ketika printer epson T13x saya mati dengan ciri-ciri 'saat ditekan tombol power, lampu hijau dekat tombol power printer menyala tapi kemudian mati lagi'. Biasanya saat itu terjadi, saya tinggalkan printer dalam waktu beberapa jam atau hari maka printer itu akan nyala kembali. Tapi lama-lama printernya makin ngadat dan bener-bener gak bisa nyala lagi. Saya menyerah, sampai pada akhirnya saya bawa ke jasa service.

Jasa Service 1
Jasa service 1 hanya bilang permasalahannya di mainboard printer tapi masih bisa diperbaiki. Dengan total biaya Rp. 200.000,- untuk perbaikan dengan garansi 1 minggu. Saya cengo... mahal banget bang! garansiny juga bentar banget! Alhasil printer nyala kembali tapi cuma dalam kurun waktu beberapa jam. Gilaaaa.... hampir 200 ribu melayang. Ya udah akhirnya saya claim garansi service sama abang jasa service yang ke 1 ini. Seminggu nunggu, si abangnya nyerah. Uang kembali jadi 150 ribu. Hiks hiks,...

Jasa Service 2
Saya menemukan informasi jasa service yang ke-2 ini dari tokobagus.com. Dia bilang, jual mainboard printer untuk epson T13x dengan harga Rp.150.000,-. Saya tergiur karena sudah tahu permasalahan printer saya ada pada mainboard yang sudah rusak. Akhirnya saya berangkat kesana.

Service disini terbilang cukup lama, hampir sebulan. Saya mencoba bersabar hingga akhirnya masalah printer sayaa terdeteksi. Berikut saya urutkan permaslahannya:
  1. Dari hasil pengamatan dan analisis jasa service ke-2 dia bilang penyebab printer saya mati total adalah kebocoran tinta. Masalahnya ketika catridge di taruh di lantai, selang beberapa detik, tinta sudah melebar ke lantai. Berarti kebocoran sangat parah.
  2. Penyebab tinta bocor bisa bermacam-macam yaitiu a) karena printer terbalik atau b) catrige pada printer kurang bagus. Saya mengira faktor b yang menjadi penyebabnya karena printer saya tidak pernah terbalik sebelumnya.
  3. Hasil pemeriksaan terhadap catrige ternyata finishing pada fisik catrige kurang rapi. Kata jasa servive 2 banyak yang menggunakan catridge jenis lokal ini kemudian printer mudah mengalami kebocoran tinta sehingga konslet ke mainboard. Akhirnya saya disarankan membeli catridge impor yang materialnya lebih tebal dan agak buram (tidak terlalu transparan serta finishing pada fisik jauh lebih rapi). Harga catrige lokal jauh lebih murah dari yang impot. Selisih harga hanya Rp. 5000,- saja. Harga catridge-nya watku itu Rp. 25.000,-. Jangan mempercai sepenuhnya, mungkin aja pada saat itu catridge lokal yang saya gunakan lagi kurang beruntung :)
  4. Karena mainboard tidak bisa diperbaiki, akhirnya saya harus membeli mainboard yang baru dengan harga cukup mahal (hampir sebanding membeli printer baru) atau mainboard second dengan harga lebih murah yaitu Rp. 150.000,-. Tentunya saya memilih yang ke-2 hehehe... logikanya, dari pada beli mainboard baru, mending beli printer baru aja sekalian yang harganya gak jauh beda sama mainboard.
  5. Setelah selesai diperbaiki, Alhamdulillah printer saya bisa nyala kembali dan berjalan normal seperti sedia kala. Pada saat itu, jasa service-nya ngasih garansi 1 bulan. Ini membuat saya percaya dan lebih lega. Ditambah lagi jasa service ke-2 ini bisa menjelaskan duduk perkara permasalahannya sampai tuntas dan jelas, tentunya bisa diterima oleh akal saya.
Semoga postingan ini bermanfaat dan dapat membantu permaslahan kawan-kawan yang mengalami hal serupa :)

Baca Juga:

Komentar

  1. hello, lagi blogwalking nih cari servis epson printer soalnya printer saya jg matot, boleh minta kontaknya yang jasa service nomer 2 itu? lokasi di Jakarta kan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh mbak. Bukan di Jakarta, tapi di Bandung.

      Hapus
  2. Kejadian sama nih, berarti punya ku jg kena mobonya. Haddeeeehhhh....

    http://www.linkstudiodesign.com

    BalasHapus
  3. Kejadian sama nih, berarti punya ku jg kena mobonya. Haddeeeehhhh....

    http://www.linkstudiodesign.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Periksa dulu aja. Barangkali masih bisa diperbaiki. Atau ganti dengan mainboard baru, yang saya Alhamdulillah semenjak ganti mainboard, sampe sekarang printernya sehat wal'afiat. :)

      Hapus
  4. Itu di bandungnya di mananya? Tolong kasih tau :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu itu di Kandaga. Tapi sekarang Kandaga udah gak ada. Coba aja ke Balubur Town Square (BALTOS). Cari jasa Service khusus printer dan berani ngasih garansi selama 1 bulan.

      Hapus
  5. sebentar gan. serius ni printernya sama kaya di gambar. klau sama, gak mungkin mainboard rusak karena kena tinta yang bocor. karena mainboardx ada di atas dab berseblahan dengan pembuangan tinta, gak mungkin tinta manjat gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya serius. Ini pengalaman pribadi. Entah ya, yang tau kan tukang servicenya. Saya gak bisa bongkar. Cuma emang bener tinta saya bocor di catrige. Luber. Nah, setelah diganti catrigenya. Gak bocor lagi. Terus mainboardnya diganti, jadi sehat sampe sekarang. Coba aja agan ganti mainboardnya, kalo printernya sehat lagi setelah ganti mainboard berarti bener yang rusak mainboard. Entah karena tinta manjat, atau konslet, berumur, overheat, dll.

      Hapus

Posting Komentar