Laptop atau Komputer Super Lelet? Mungkin ini Penyebabnya

Tahukah kamu tentang Hardisk Bad Sector?
Nah ini yang biasanya orang awam tidak tahu, mengenai hardsik bad sector.

Lalu apa sih Hardisk bad sector itu? 
Saya tidak tahu pasti secara definisi, tapi berdasarkan pengalaman saya bahwa ketika hardisk bad sector, komputer terasa lelet. Buka folder aja susah, bahkan baru nyalain komputer juga susah banget masuk windowsnya dan susah install ulang komputer. Pokonya serba susah. Mungkin, hipotesa awal saya adalah piringan pada hardisk ada yang kegores atau rusak sehingga menyebabkan badsector. Yups.. maybe....

Badsector, Hardisk


By the way, Hardisk itu apa ya?
Oh iya, hardisk itu tempat penyimpanan data atau file di komputer atau laptop. Kamu install OS (Operating System) seperti windows XP, Vista, 7, 8, dan lain sebagainya... nah itu semua nanti tersimpan datanya di hardisk supaya komputer kamu bisa nyala (masuk ke windows). Terus file berupa video (MP4, FLV, MKV, AVI, MPEG, dll) , dokumen (.doc, ppt, pdf, txt, dll), audio (MP3, AAC, dll), gambar (JPG, PNG, dll), juga tersimpan di hardisk (kalo nyimpennya di hardisk) hehehe.... Maka file-file yang kamu anggap penting itu simpanlah diberbagai tempat seperti CD/DVD biar aman, kecuali yang OS ya biarin aja itu mah soalnya bisa install ulang.

Kenapa file-file yang dianggap penting harus disimpan di CD/DVD?
Sebenarnya bukan harus sih, tapi inisiatif aja. Soalnya kalo data-data yang dianggap penting tersebut kita back up ke CD/DVD (di burning) maka ketika hardisk badsector, kita gak usah nge-recovery (ngambil file yang terhapus atau hilang, bisa karena badsector atau kehapus) file-file yang dianggap penting tersebut.

Cara nge-recovery data atau file gimana?
Caranya bisa pake software. Nah cuma, kalo kita gak bisa nge-recovery sendiri, bisa minta ahlinya. Namun harganya relatif mahal dihitung berdasarkan besar kapasitas hardisk. Waktu itu saya nge-recovery file di hardisk 320 Gb dengan IDR 150 ribu kali yaaa..??? haha lupa, yang pasti gak murah bagi kantong mahasiswa. Makanya, kalo punya file penting, mending di back up ke CD/DVD biar aman. Naro CD/DVD nya jangan jorok aja, jangan sampe kegores, entar CD/DVD-nya gak kebaca di DVD rom.

Ada cara lian selain back up file penting ke CD/DVD?
Ada dong. Caranya back up ke serever. Hmmm... di upload gitu. Misal di upload ke dropbox.com dengan private folder biar gak ada yang tahu selain kita sendiri. Nanti kalo sewaktu-waktu hardisk kita badsector, download lagi aja file yang hilangnya dari dropbox tersebut (tentunya harus udah kita upload sebelumnya filenya itu).


Pertanyaan terakhir, kalo Hardisk komputer atau laptop kita kena badsector, apa yang harus dilakuin?
Nangis. Hahaha.... gak lah... yang harus dilakuin ada 2 cara.
  1. Kalo gak punya duit atau merasa di hardisk datanya penting banget lupa back up, perbaiki badsectornya sendiri atau bisa minta tolong orang yang bisa perbaiki. Konon kata dosen Hardware saya yang pengalaman sama badsector, beliau bilang waktu hardisknya kena badsector dan diperbaiki pake software bisa sampe berbulan-bulan dengan komputer yang terus menyala non stop. Kalo punya kesabaran tinggi, silahkan coba. Oh iya waktu lama tidaknya memperbaiki hardisk badsector itu tergantung seberapa banyak badsectornya yang terdapat di hardisknya.
  2. Buat yang ada duit, gak mau ribet, gak mau pusing, udah di back up sebelumnya data atau file-file yang dianggap penting, maka beli aja hardisk baru dan ganti hardisk badsector tersebut dengan hardisk baru. Kemudian isntall ulang deh komputernya. beres... :D

Pelajaran berharga karena pengalaman badsector
  • Laptop saya pernah mengalami susah membuka folder. Saya pikir karena virus, maka saya install ulang laptopnya. Pas install ulang, leleeeeeet banget. Tapi setelah berhasil install ulang, gak ada perbuahan, buka folder tetep susah (lelet banget).
  • Saya akhirnya menyimpulkan, penyebabnya bukan virus dan juga bukan software. Mungkin hardware. Akhirnya saya bawa ke jasa service komputer dengan mebhabiskan biaya kurang lebih abis IDR 500.000 ribu.
  • Yang bikin kaget lagi, muncul dugaan dari jasa servicenya, penyebab laptop saya lelet adalah motherboard laptop yang rusak. Katanya, kalo motherboardnya rusak, kalo mau ganti sama harganya dengan beli laptop baru. Ih ngeri banget... mending beli baru. Rasanya tamat riwayat. Padahal laptop baru dipake satahun lebih dikit. 
  • Akhirnya patah arang. Laptopnya mau dijual. Nah disini lah titik terang dimulai. Si penjual/pembeli laptop 2nd gak mau nerima laptop lelet. 

Tapi justru dengan baik hati si penjual /pembeli laptop 2nd bilang, "Boleh gak laptopnya saya coba ganti hardisk. Mungkin hardisknya badsector. Kalo diganti dengan hardisk yang sehat laptopnya kembali normal, berarti penyebab lelet laptopnya adalah hardisk". 

Saya jawab, "oke".
  • Ternyata bener, penyebab laptop saya lelet minta ampun kalo buka folder, bahkan masuk windows dan install ulang  itu karena badsector pada hardisk bukan karena motherboard.
  • Akhirnya saya beli hardisk baru sekitar IDR 500 ribu lebih dan laptop kembali normal hingga saat ini, sekitar 2 tahunan.
  • Seandainya saya tahu karena hardisk badsector, mungkin saya gak akan menghabiskan uang IDR 1 jutaan buat benerin ini laptop. Cukup beli hardisk baru seharga IDR 500 ribu.
  • Hikmahnya, saya jadi tahu bagaimana harus mem-back up data atau file-file penting buat jaga-jaga kalo hardisk badsector, dan jika menemui hal serupa yaitu laptop atau komputer lelet, bisa di cek dulu mungkin penyebabnya hardisk badsector. 
Sekian, semoga pengalaman ini bermanfaat buat temen-temen yang mengalami hal serupa :)

Komentar