Cara Memperkecil Size File PDF untuk Web

Apa itu Compress File?
Mungkin kamu pernah denger kata "File PDF-nya udah di kompres apa belom?". Naaah kompres ini maksudnya memperkecil ukuran (size) pada file tersebut. Misal, ketika kita menyimpan sebuah file berupa dokumen dengan format PDF yang hasil output-nya 200Mb. Dan ketika itu kamu diharuskan mengirim file tersebut lewat e-mail atau di-upload ke salah satu web hosting/share untuk dibagikan kepada teman-temanmu. Rasanya size file PDF tersebut kebesaran untuk di-upload, apalagi kalo nge-upload-nya pake modem usb dengan jaringan yang gak ngebut-ngebut amat.

Disini saya mau berbagi pengalaman tentang permasalahan diatas, dimana pada saat itu saya diminta untuk meng-upload beberapa file PDF yang total size-nya hampir sebesar kapasitas CD yaitu 700Mb. Awalnya saya mencoba dengan cara di compress ke RAR/WinZip tapi selalu gak memuaskan (mungkin karena sayanya gak bisa) hahaha.... terus saya coba dengan software Compress PDF gitu... Akhirnya berhasil, tapi hasilnya gak memuaskan dimana terdapat gambar-gambar yang tidak sesuai warnanya (mengalami distorsi warna yang berlebihan).

Terus gimana cara memperkecil size file PDF dengan kualitas gambar yang cukup terjaga?

NITRO PDF

Saya teringat dengan software NITRO PDF dimana software tersebut biasa saya gunakan untuk meng-compress file PDF ke Word. Saya pikir software ini bisa digunakan untuk memperkecil ukuran atau size file PDF juga. dan ternyata benaaaaaar.....  begini caranya:
  1. Buka file PDF menggunakan software NITRO PDF. Nitro PDF yang saya gunakan adalah NITRO Pro 9. Caranya, klik kanan file PDF yang akan di perkecil size-nya - open with - pilih Nitro Pro 9.
  2. Setelah file PDF-nya terbuka, klik File - Optimize PDF.
  3. Akan muncul jendela baru, tandai di bagian Web - kemudian klik Optimize.
  4. Silahkan beri nama file PDF-nya.
  5. Kemudian Save. Selesai :D

Nitro PDF, Compress PDF, Software
Compress File PDF dengan Nitro Pro 9

Saat itu saya mencoba memperkecil file PDF dengan size 285Mb yang kemudian setelah di Compress di NITRO PDF size file PDF tersebut menjadi 59Mb saja. Kemudian file PDF dengan size 7.48 Mb menjadi 1.5 Mb. Jadi, setelah file-file PDF tersebut saya perkecil ukurannya, akhirnya total file PDF yang akan di-upload yang semula size-nya sekitar 700Mb, kini menjadi 187Mb saja. Memang tidak begitu fantastik, tapi setidaknya cukup meringankan. Selain itu hasil compress-an Nitro PDF ini jauh lebih baik dan tidak terlalu drastis mengganggu kualitas gambar daripada software sebelumnya. Sayangnya, Nitro PDF ini berbayar alias bukan freeware yang artinya kita harus membelinya. Ini situs resmi Nitro PDF.

Naaaah itu saja yang bisa saya ceritakan hari ini. Semoga bermanfaat buat teman-teman semua.... :)

Komentar

Posting Komentar