Mengatur dan Menambah Ukuran Kertas F4 di Microsoft Word

Sebelum "mengetik" atau mengerjakan pekerjaan yang ada kaitannya dengan cetak-mencetak, alangkah lebih baik kalian tahu dulu nanti printout-nya mau di kertas apa? Misal, printout-nya mau di kertas F4. Kalau di kertas A4, jauh lebih mudah soalnya pasti sudah tersedia secara otomatis baik di software Microsoft Word (singkat Ms. Word), Ms. Excel, dan lainya karena ukuran kertas A4 standar International. Sedangkan kertas F4 tidak tersedia secara otomatis di software Ms. Office (Word, Excel, dll). Dengan demikian, kita harus mengatur sendiri ukuran kertasnya.

Word, Microsoft, Paper, F4, Add, Size

Saya punya pengalaman pribadi, waktu itu saya diminta untuk mencetak document ukuran F4. Saya pikir kertas F4 itu sama dengan kertas Legal. Jadi pas di cetak (print) saya pilih pengaturan (setting) cetak kertas ukuran Legal (ukuran kertas ini biasanya udah tersedia secara otomatis). Hasilnya mengejutkan dan bikin reuwas (dalam bahasa sunda, artinya kaget). Document tersebut jadinya berantakan (offset) keluar batas atau tidak sesuai dengan yang terlihat di monitor. Dengan pengalaman tersebut, berarti saya harus tahu dulu ukuran kertas F4 itu berapa. Ukuran kertas F4 yaitu 215 x 330 mm / 21.5 x 33 cm / 8.5 x 13 in. Kita coba menambahkan ukuran kertas F4 di Ms. Word yang bisa digunakan secara berulang-ulang. Studi kasusnya di Ms. Word 2013. Di Ms. Word lainnya juga bisa kok, caranya sama, cuma interface-nya (tampilan) aja berbeda. Begini caranya:


  • Buka Ms. Word-nya :D, lalu klik Page Layout > Size > scroll kebawah, kalau belum ada ukuran kertas F4, berarti harus buat dulu.
  • Klik File untuk menambahkan kertas F4 ke Ms. Word (lihat Gambar 1)

Word, Microsoft, Paper, F4, Add, Size
Gambar 1


  • Klik Print > Printer Properties
  • Klik panah kebawah di barisan Size,  lalu klik User Defined (lihat Gambar 2)

Word, Microsoft, Paper, F4, Add, Size
Gambar 2

  • Beri nama ukuran kertasnya di Paper Size Name supaya nanti gak pusing.
  • Pilih Unit 0.01 cm. Kenapa? Karena kalo pake yang 0.01 inch nanti ukuran kertas F4-nya gak akan muncul di Ukuran Kertras (Size) Page Layout. Kemudian, atur Page Width dan Page Height. Karena ukuran kertas F4 adalah 215 x 330 mm, jadi Width-nya 2150 dan Height-nya 3300. (lihat Gambar 3)
  • Setelah selesai, klik Save lalu OK
Word, Microsoft, Paper, F4, Add, Size
Gambar 3
  • Beres deh.... kini ukuran kertas F4 sudah tersedia di Ms. Word kamu.... :D
Word, Microsoft, Paper, F4, Add, Size
Gambar 4
Nah itu dia step by step cara menambahkan ukuran kertas F4 di Ms. Word. Hal ini berlaku juga lho untuk nambahin ukuran kertas lainnya yang tidak tersedia di software tersebut. Istilahnya ukuran kertasnya custom. Jadi kita bisa menambahkan ukuran kertas apapun di Ms. Word.

Selamat mencoba, semoga berhasil :D 

Komentar