Cara mengatasi CD/DVD ROM PC Gagal Burning Terus Menerus

Saya punya pengalaman dengan DVD ROM PC saya yang gagal burning terus menerus sampe habis hampir belasan CD yang jelas-jelas kualitas CD-nya bagus. Saya pikir ini bukan salah CD-nya, tapi mungkin ada masalah dengan DVD ROM-nya.

CD, Can't Burn, DVD Rom not work

Kenapa saya jadikan DVD ROM saya sebagai tersangka?
Alasannya adalah, kasus gagal burningnya sama yaitu baru beberapa persen (anggap baru 15%) proses burning, eh langsung ada pesan Error dan Error. Saya coba lagi dengan CD yang baru bahkan pake merk lain tapi tetap sama. Sempet kesel juga sih, apa mungkin optiknya udah lemah atau software burningnya yang gak beres alias corrupt? Saya coba copy file dari CD lain, dan bisa. Cuma lambat banget proses peng-copy-annya. Saya coba install ulang software burning-nya dan ganti dengan versi terbaru, tapi hasilnya tetap sama, di 15% selalu error. Jadilah dugaan saya jatuh ke DVD ROM yang sepertinya ada yang gak beres. Mungkin optiknya udah lemah karena sering dipake.

Eh... makin gak beres aja nih CD/DVD ROM-nya. Setelah sering gagal burning, selanjutnya CD/DVD ROM-nya malah gak ke detect di BIOS dan secara otomatis gak muncul di Windows (My Computer. Hmm... sepertinya ada something dengan kabel SATA penghubung CD/DVD ROM ke Motherboard PC. Tapi setelah di tes kabelnya dengan cara dilepas dari DVD ROM dan disambungkan ke Hardisk sebagai percobaan, ternyata lancar-lancar aja. So... saya bongkar DVD ROM-nya karena udah abis juga masa garansinya. Setelah saya buka daleman DVD ROM-nya, kayaknya baik-baik aja. Gak ada kabel putus, atau gosong. Tapi kalo soal ciri-ciri fisik optik DVD ROM yang udah rusak saya gak tau. Hahahaha... yah intinya so far... look so good sih dan sebelum berpikir mau ganti dengan DVD ROM baru, so.. saya gak berhenti berjuang sampai disini.

Finally, I could fix it!
Setelah membongkar DVD ROM (cuma buka casing-nya doang), memastikan kabel SATA gak ada masalah, dan memeriksa port SATA di motherboard juga gak ada masalah, mata saya akhirnya merambat ke lubang connector DVD ROM untuk menghubungkan ke Motherboard PC. Ada yang aneh, diantara lubang kecil dilapisi kuningan itu terdapat noda warna kebiruan apa tosca ya? Saya anggap noda itu sebagai jamur. Saya coba liat lubang connector hardisk sebagai pembanding, dan kuningannya bersih gak ada noda kebiruan. Mungkin maslahnya disitu. Dengan modal nekat, saya bersihkan jamurnya dengan menggunakan jarum pentol (soallnya susah, lubangnya kecil banget. Cotton bud aja gak masuk). Waktu itu saya pikir kalaupun DVD ROM-nya jadi rusak, biarin aja yang penting udah berusaha mencoba. Kalo gak dicoba, kita gak akan pernah tahu. Kalahkan rasa takut, mencoba berani dan siap menanggung resikonya. Finally, saya korek-korek jamurnya pake jarum pentol sampe lumayan bersih. Dan... TARAAAAAAAM... BERHASIL. DVD saya bisa nge-burning lagi sampe 100% sukses dan bisa copy file dari CD/DVD dengan lancar gak lelet lagi. 

Kesimpulan
Kesimpulan dari kasus yang saya alami, yaitu CD/DVD ROM PC gagal burning secara terus menerus disebabkan oleh jamur yang menempel di kuningan lubang connector CD/DVD ROM ke mainboard PC saya. Hal ini menyebabkan transfer data dari CD/DVD terhambat karena jamur menghalangi kabel SATA mentrasfer data ke mainboard sehingga proses burning selalu gagal dan proses pengcopy-an data dari CD/DVD ke PC menjadi sangat lambat (gak normal). 

Semoga artikel ini bermanfaat :D

Komentar

Posting Komentar