Mengatasi CD / DVD-ROM Laptop atau PC tidak terbaca (Not Detected)

Mungkin tidak sedikit teman-teman yang mengalami hal ini. Saya pun mengalaminya. Awalnya saya agak kaget juga, soalnya baru kemarin-kemarin DVD-ROM (RW) saya tidak terbaca alias DVD not detected. Saya pikir DVD-ROM saya rusak. Akhirnya saya diamkan selama berbulan-bulan, sampai berniat buat beli yang baru. Tapi, ketika itu saya ingin meng-install ulang komputer (PC) saya. Setelah selesai install ulang, saya iseng masukin DVD ke DVD-ROM yang saya kira rusak itu. Tapi, ternyata DVD-ROM-nya normal. Lalu saya coba memasukan DVD kosong, dan  terbaca. Dari situlah saya pikir, mungkin selama ini yang membuat DVD-ROM saya tida mau membaca DVD-nya adalah karena kesalahan software, entah apa itu. 

CD, DVD-ROM, Not Detected, Solution

Singkat cerita, saat saya bernat mem-burning data di DVD, DVD-ROM saya kembali tidak mau membaca (DVD not detected) lagi. "Masa iya harus install ulang lagi?" Hahaha.... akhirnya saya searching sana sini pake Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris untuk meyakinkan... dan saat itu lah saya menemukan cara mujarab sehingga DVD-ROM saya kembali bisa membaca DVD. Begini cara sederhana untuk mengatasi masalah CD / DVD-ROM tidak terbaca di Komputer (PC) atau Lapotop:

  • Buka registri editor dengan cara klik Windows > Run > ketik regedit, atau cara singkatnya yaitu tekan Windows + R di keyboard secara bersaaan, lalu ketikan regedit.

Run, Regedit
Jendela Run

  • Cari folder registri berikut: HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Class\{4D36E965-E325-11CE-BFC1-08002BE10318}

Regedit, Editor
Jendela Regedit Editor

  • Setelah itu, delete UpperFilters & LowerFilters (kalo waktu itu saya hanya menghapus LowerFilters saja, karena UpperFilters-nya tidak ada).
  • Terakhir, restart komputer (PC) atau laptop-nya.
  • Finish! It's working for me.....
Alhamdulillah, cara ini berhasil saya praktekan dan saya sangat bahagia karena DVD-ROM saya kembali seperti semula :D hahaha.... Semoga sukses.... 

Oh iya, satu lagi....  kalo masih belum bisa, coba matikan komputer (PC)-nya. Terus kabel Power dan SATA yang nyambung ke DVD-ROM lepas dulu dan kemudian sambungkan lagi. Barangkali kendor.... hehehe.... Soalnya cara ini berhasil juga. Tapi untuk laptop jangan, susah soalnya harus bongkar dulu dan butuh keahlian ekstra. :D oke....

Komentar