Cara Super Mudah Install Ulang menggunakan Flashdisk

Bagi yang belum pernah melakukan install ulang komputer mengggunakan flashdisk, mungkin cukup bingung yah. Sama halnya saya ketika saat baru mengenal hal ini. Saya sempat ditawari software ini itu yang pada akhirnya bikin males. Sampai pada akhirnya saya ingin install ulang OS Windows 8.1 menggunakan Flashdisk.

Install Ulang, USB, Windows



Kenapa menggunakan flashdisk?
Biasanya dulu sebelum mengenal install ulang menggunakan flashdisk, saya selalu menggunakan DVD Windowsnya. tapi, yang namanya DVD bisa cacat, yang akhirnya optik DVD Rom-nya gak bisa baca. Tidak hanya itu, konon katanya kalo install ulang pake DVD, waktu saat install ulangnya lebih lama ketimbang menggunakan flashdisk. Dengan demikian, di era serba ingin cepat ini, saya memilih flashdisk sebagai alat untuk menginstall ulang.

Caranya gimana?
Seperti yang sudah saya singgung diatas, bahwa install ulang pakai flashdisk itu bisa menggunakan sofrware 'ini itu'. Maksudnya kalo kita searching di google, maka akan banyak software yang muncul agar membuat flashdisk dapat digunakan sebagai alat untuk install ulang. Tapi gara-gara saya mau install ulang Windows 8.1 yang gak sukses-sukses aja pake flashdisk, akhirnya saya minta bantuan teman tapi teman (hehehehe...) untuk menginstall ulang Windows 8.1 menggunakan Flashdisk. Ia hanya memberikan sebuah link yang akhirnya saya menyukai cara ini, yaitu MENGINSTALL ULANG WINDOWS TANPA SOFTWARE KHUSUS, HANYA MENGGUNAKAN CMD. Biar gak berlama-lama, yuk langsung aja kita simak caranya: 

Cara ini berfungsi untuk Windows 7, 8, 8.1. Kalo XP katanya sih gak bisa. Hehehe maaf saya bukan programer atau komputer addict  jadi gak bisa jelasin kenapa.
  1. Siapkan  flashdisknya. Minimun flashdisk yang 4 Gb yah... karena OS Windows 7 atau 8 itu lebih dari 2 Gb file-nya.
  2. Format flashdisk tersebut biar kosong. Pastikan data penting sudah dibackup.
  3. Setelah flashdisk terbaca di komputer, langsung kita masuk ke CMD caranya ke search lalu ketikan cmd, atau tekan ikon Windows + R di keyboard, kemudian ketikan cmd, Enter. Muncullah jendela baru warna hitam. 
  4. Setelah CMD terbuka, ketikan DISKPART kemudian tekan Enter. Lalu muncul User Account Control, klik saja Yes dan munculah jendela CMD baru.
  5. Ketik lagi LIST DISK, pilih salah satu saja yaitu flashdisk Anda. (Perhatikan mana flashdisk yang dimasukan? Jangan sampai pilih yang hardisk) Cara tau list flashdisk Anda, lihat total sizenya.
  6. Misalnya flashdisknya ada di list disk 2, jadi ketikan SELECT DISK 2 dan tekan Enter.
  7. Ketik CLEAN, kemudian tekan Enter.
  8. Keik CREATE PARTITION PRIMARY, kemudian tekan Enter.
  9. Ketik FORMAT RECOMMENDED, Enter. Tunggu beberapa saat hingga 100%.
  10. Setelah proses tersebut selesai, ketik ACTIVE, lalu tekan Enter.
  11. Ketik EXIT dan tekan Enter.
  12. Langakah terakhir, Copy file Windowsnya ke flashdisk tadi.
Command Prompt, CMD, Windows 7, Install, Flashdisk
Jendela CMD

Bereeees..... flashdisk Anda sekarang sudah Bootable alias bisa dipakai untuk install ulang Windows 7, 8, 8.1. :D

Catatan: Misal, flashdisk tersebut diisi file Windows 7, lalu kita ingin menggantinya dengan Windows 8. Caranya mudah, hapus file Windows 7 yang sudah di copy ke flashdisk tersebut, kemudian copy file Windows 8-nya. Intinya, selama flashdiksnya belum pernah diformat, kita bisa gonti-ganti OS tanpa harus memformat flashdiks lagi di CMD.

Komentar