5 Games PlayStation 1 yang Seru Seumur Hidup

Console Game merupakan perangkat elektronik yang dirancang khusus untuk memainkan video permainan. Contohnya Nintendo, Sega, PlayStation, Xbox, dan lain sebagainya. Saat itu saya sempat membicarakan hal ini sampai-sampai teringat dengan permainan yang benar-benar telah menyita waktu saya pada saat itu (masa kanak-kanak) terutama di game PlayStation One atau biasa disebut PS Satu/1. PlayStation 1 lahir tahun 1994 di Jepang. Pada Maret 2004, PlayStation menyediakan 7.300 judul permainan. Ada 5 judul game yang saya sukai dan masih membekas sampai saat ini, yaitu Bishi Bashi Special, Nascar Rumble, Harvest Moon Back to Nature, Metal Slug, dan Captain Tsubasa. Kenapa saya begitu menyukai game-game di PS 1 tersebut? Soalnya grafis dari gamenya masih sederhana, belum bernuansa 3D yang 'Wah', bahkan masih ada yang 2D, dan tidak banyak menapilkan gambar yang perspektif seperti kebanyakan game konsol saat ini khususnya pada game-game yang terdapat di PlayStation. Oke, langsung aja kita ulas ke-5 game tersebut..... :D

1. Bishi Bashi Special

Cover, Game, Playstation, Playstation 1
Bishi Bashi Special

Bishi Bashi Special merupakan permainan PlayStation 1 yang sangat seru menurut saya. Pasalnya, permainan ini menyediakan berbagai varian permainan didalamnya. Serasa main nitendo gitu, satu kaset isinya banyak. Tapi bedanya, meskipun satu CD berisi banyak permainan, namun permainan-permainan tersebut tidak seperti bagian yang terpisah, tetap satu bundel dengan ciri menampilkan tokoh yang sama di permainan yang berbeda, serta menggunakan skema warna yang sama. Permainan ini cukup kocak, malah kocak banget, konyol, dan lebay abis. Tapi, ke-lebay-an itu justru yang bikin seru dan menghibur. Terkadang saya memanggil permainan Bishi Bashi sebagai permainan olahraga jari, karena konsep dasar dari game ini adalah seperti ajang kompetisi yang mana siapa cepat, dia dapat. Jadi jari-jari tuh harus lihey dalam menekan tombol stick. Perminan ini juga lebih berasa kalo dimainkan oleh 2 orang. Nah, buat yang lagi stress karena tugas maupun kerjaan dan lain sebagainya, game ini recommended deh, gak bikin pusing, easy playing, menegangkan, dan menghibur tentunya. :D

Cover, Game, Playstation, Playstation 1
Screenshoot Bishi Bashi

Nah gambar diatas merupakan penampakan dari  permainan Bishi Bashi. Waktu saya masih kuliah, saya dan teman-teman kadang meluangkan waktu buat main permainan ini di Komputer menggunakan Emulator. Mereka menjadi ketagihan. Apalagi dulu saat saya pertama kali memainkan game ini, sekitar tahun 1999 mungkin. Saat itu main di rentalan milik saudara saya. Disana rame sekali. Kadang kita saling berkompetisi di permainan ini. Yang kalah malu, dan yang menang senang... :D

2. Captain Tsubasa

Cover, Game, Playstation, Playstation 1
Captain Tsubasa

Kalo permainan Captain Tsubasa di PlayStation 1 ini saya alami ketika masih SMP.  Ini permainan bola favorite saya, hahaha. Kenapa demikian? Solanya ada yang namanya tendangan jarak jauh, tendangan elang, tendangan macan, tendangan pisau, dan lain sebagainya. Permainan ini diadaptasi dari film anime Captain Tsubasa yang sempat populer di Indonesia tahun 2001-an. Ketika itu saya masih kelas 5 SD.

Cover, Game, Playstation, Playstation 1
Screenshoot Captain Tsubasa

Nah lihat gambar diatas! Bener kan... tendangannya sampe berbayang gitu. Hahaha.... yang pasti tendangan-tendangan kayak gitu belum saya temui lagi di permainan bola saat ini.

3. Harvest Moon Back to Nature

Cover, Game, Playstation, Playstation 1
Harvest Moon Back to Nature

Harvest Moon merupakan Game Simulasi mengenai kehidupan di desa, lebih tepatnya tentang panen perkebunan maupun peternakan. Di permainan ini kita akan belajar becocok tanam, berternak ayam, sapi dan domba serta ikan. Kemudian kita juga diajarkan untuk merawat kuda, anjing, dan belajar menggali barang berharga di gua. Tidak hanya itu, kita juga dapat belajar untuk menggaet hati seorang wanita yang disukai. Yang saya ingat, nama wanita-wanita itu adalah:
  • Popuri: Gadis anggun, berambut merah muda dan anak dari peternak ayam.
  • Ann: Gadis pintar masak, bermabut pirang dan anak dari pemilik restauran.
  • Karen: Gadis tomboy nan cantik, berambut ungu dan anak dari pemilik toko.
  • Lupa namanya: Gadis penjaga perpustakaan, berambut abu, dan berkacamata.
  • Lupa namanya: Gadis medis, berambut apa yah pokonya pendek, dan anak dari kakek-kakek

Cover, Game, Playstation, Playstation 1
Screenshoot Harvest Moon Back to Naature

Terakhir saya memainkan permainan Harvest Moon ini secara khusyu yaitu ketika kelas 3 SMP. Saat itu saya asik banget kalo ngomongin perminan ini bersama teman saya yang juga menggilainya. Bahkan ketika saya kuliah, saya mencoba menularkan permainan ini kepada teman-teman terdekat saat itu dan ternyata mereka juga menyukainya.

4. Metal Slug X

Cover, Game, Playstation, Playstation 1
Metal Slug X

Metal Slug merupakan permainan perang di PlayStation 1 yang seru abis. Soalnya, nyawa dari si pemain gak ada habisnya. Jadi kita gak perlu takut mati berkali-kali di permainan ini.

Cover, Game, Playstation, Playstation 1
Screenshoot Metal Slug

Saya memainkan permainan ini sekitar tahun 1999 juga. Sampai saat ini pun saya belum bosan main Metal Slug. Malahan sekarng di Android udah bisa main permainan ini. Asyik yah bisa dibawa kemana-mana.... :D

5. Nascar Rumble

Cover, Game, Playstation, Playstation 1
Nascar Rumble

Permainan balap mobil Nascar Rumble, bagi saya penuh imajinasi dalam permainannya. Pasalnya kalo kita bisa mendapatakan bola putih yang melayang, bola tersebut dapat menjadi suatu senjata untuk menggempur lawan main kita yang berada di depan. Senjata-senjata tersebut tidak lah biasa dan diluar nalar akal sehat, yaitu angin tornado, sinar orange yang ada di depan mobil, ban emas, bola es, awan mendung beserta petir, dan lain sebagainya.

Cover, Game, Playstation, Playstation 1
Screenshoot Nascar Rumble

Hingga saat ini saya belum menemukan permainan balap mobil seperti ini lagi. Kebanyakan yang seriusan seperti Need for Speed, Grand Turismo, Test Drive dll.

Nah itu dia permainan-permainan di PlayStation 1 yang saya suka, kalo kamu apa? :D

Komentar

Posting Komentar