Modem USB Tidak Dapat Koneksi ke Internet


Hal ini pernah dialami oleh saya pibadi. Pada saat lagi genting mau ngerjain tugas, modem saya bermasalah gak bisa konek internet, padahal masih ada paket internetnya. Langsung aja saya update status di Facebook. Hahaha bukan alay yah, tapi berharap ada yang bantu.

Beberapa saat, muncul notification di Facebook saya.  Ada yang komen yaitu dosen saya sendiri. Tuh kan gak sia-sia... hahahha... Beliau bilang pernah mengalami hal yang sama dan solusinya adalah UNINSTALL OS KOMPUTER. Damn! Males banget kan. Tapi lain halnya dengan adik saya, dia bilang uninstall aja driver modemnya, terus kalo udah... di restart... terus di install lagi driver modemnya. Ya udah saya nurut soalnya jalan ini cukup masuk akal dan tidak repot. Tapi sayangnya, gagal.

Geram dan jengkel. Coba searching di internet, tapi sama nihil juga hasilnya. Muncul dibenak berpikiran bahwa modemnya rusak kali yah. Langsung deh saya coba di laptop, tapi bisa konek internet kok. Wah mulai ada pencerahan nih.... berarti bener yang bermasalah softwarenya bukan modemnya.

Selang beberapa hari atau bulan yah, saya beli hardisk baru. Terpaksa kan harus install ulang semuanya mulai dari OS, dll.  Akhirnyaaaaaa.... modem saya kembali seperti semula yaitu bisa konek internet seperti sedia kala. Bener kata dosen saya itu... pokonya thanks a lot lah...

Ini poin-poinnya biar gak mual: 
  1. Pastikan dulu sim card-nya ada pulsa atau paket internetnya gak?
  2. Terus, daerah Anda saat mencoba untuk mengkoneksikan internet ada signalnya gak?
  3. Kalo ada tapi tetep gak bisa konek, berarti ada something error.... nah coba ke komputer lain, kalo konek berarti modemnya gak kenapa-kenapa, tapi komputer Anda yang bermasalah. Kemungkinan driver Modemnya atau OS-nya.
  4. Coba dulu uninstall driver modemnya, terus restart, dan soba install ulang kembali driver modemnya.
  5. Kalo gak berhasil juga, coba ulangi lagi yang di poin 4 dan jangan lupa dibersihkan sampai keakarnya itu driver modem yang udah di uninstall. Bisa pake CC Cleaner atau cari cara lain di Google Search.
  6. Kalo gak mau ribet, gunukan jurus terakhir ini yaitu install ulang OS komputer Anda seperti yang saya lakukan :)
Semoga postingan saya kali ini bermanfaat untuk temen-temen semua yang mengalami hal serupa dengan saya. Jadi jangan beli modem baru dulu yah, cek dulu... pastiin bener gak modemnya yang rusak? :)  semoga berhasil.... amin...

Komentar