Fungsi CMOS Battery Pada Motherboard di PC

Jam di Komputer sering berubah ke 00.00 setiap kali mematikan komputer?

Saya sempat pusing tujuh keliling karena semenjak membersihkan PC saya dengan menyemprotkan air, membuat PC tersebut menjadi selalu minta di atur TIME/WAKTU di bios setup. Padahal saya masih ingat sekali bahwa CMOS battery merupakan salah satu bagian pada PC yang tidak boleh terkena air atau kecelup air… hahahaaa…. :D. Pada saat itu saya berpikir bahwa “Cuma kesemprot terus dilap sih kayaknya ga apa apa kali yah..!!!”

Karena kejadian itu lah saya menjadi penasaran, “Kenapa setiap saya mematikan komputer secara total (tidak ada aliran listrik yang masuk ke komputer) dan ketika saya menghidupkan komputer kembali selalu muncul perintah untuk mengatur TIME/WAKTU di bios setup. Saya coba atur waktunya mulai dari jam hingga tanggal, lalu kemudian tekan F10 (Save and Exit). Setelah itu, masuk ke Windows dan saya Shut down (dimatikan) kembali komputernya secara total dan ketika dicoba dihidupkan kembali ternyataaaaaaa….. masih tetap meminta untuk diatur TIME/WAKTU *garuk-garuk.

Saya terus berpikir (maklum…. gaptek, hahahaaa….)  dan saya teringat kata-kata dosen mata kuliah hardware saya. Beliau bilang, fungsi CMOS battery itu salah satunya adalah untuk meng-------------- (samar-samar) intinya sih buat ngatur waktu meskipun PC/Komputer mati total (tidak ada listrik) dan ketika menghidupkan kembali komputernya, settingan waktunya tidak berubah. Jadi gak usah capek-capek diatur lagi. Dengan demikian, pikiran saya terus tertuju pada battery CMOS yang kemungkinan battery-nya rusak karena kesemprot air (kayaknya) atau emang udah waktunya pensiun battery-nya, atau saya salah ngatur bios?


Sudah beberapa hari saya terus berpikir dan tanpa sengaja saat saya mengantar teman membeli hardisk, saya melihat battery CMOS di etalase pada salah satu toko disana. Saya langsung mengobrol dengan yang jaga toko dan benar dugaan saya “Harus Ganti CMOS Battery”. 

Sesampainya di  rumah, saya langsung mengganti battery-nya dengan cara di congkel, hahahaaa… (aman)” dan menggantinya dengan yang baru.  tapi hasilnya nihil. Cemberut lagi. Saya coba searching di google dengan jawaban yang kurang memuaskan. Hingga akhirnya saya menemukan sebuah situs yang sepemikiran dengan saya. Penulis di situs tersebut bilang kurang lebih gini, “Ada dua cara ketika CMOS battery kamu tidak berfungsi. (1) Coba buka battery-nya lalu pasangkan lagi battery-nya, bila tidak berhasil…. Coba langkah ke (2) Atur ulang Jumper pada PC (gak ngerti).  Kalau masih gak ngaruh juga, ganti battery-nya dengan yang baru.” Kurang lebih begitu kata penulis di situs tersebut.

CMOS battery

Keesokan harinya, saya coba lagi. Saya buka battery-nya…. Pasang lagi di posisi yang paling rapi…. Pokonya saya coba buka pasang buka pasang, dan saya pikir ini yang terakhir kalinya saya ngulik. Soalnya, kalau masih gak berhasil, saya gak tau salahnya dimana lagi. Lagi pula, ketika melihat pengaturan bios sudah saya atur sesuai dengan buku panduan motherboad

Saya udah pasrah, saya udah berusaha, dan…. Akhirnya saya menemukan jawaban yang saya inginkan yaitu…… BERHASIL…………  :D Alhamdulillah…..

It’s very simple “tinggal ganti CMOS battery dengan yang baru, pasang, atur lg waktunya di BIOS, tekan F10 (Save and Exit), bereeeesss…..”. Tapi hal yang simple kalau kita gak tau sama sekali, jalannya jadi panjang yah…. :D 

Biar gak pusing baca paragraf diatas yang udah kayak cerpen, point-pointnya kayak gini:
  1. Beli battery CMOS (harganya sekitar 10 ribuan).
  2. Buka battery CMOS yang terpasang pada motherboard, lalu ganti dengan yang baru. Masangnya yang rapi, yang benar. Pokonya ulik aja.
  3. Nyalakan PC lalu masuk ke BIOS setup.
  4. Atur tanggal dan waktu.
  5. Save and Exit (F10)

 Bios Setup

Untuk menguji berhasil atau tidak, caranya:
  1. Shut down kembali PC-nya (matikan)
  2. Kalau Power Suply-nya ada tombol on off, di off-kan.
  3. Kalau pake stabilizer, off kan stabillizer-nya.
  4. Intinya jangan ada aliran listrik ke PC.
  5. Setelah beberapa saat dimatikan, hidupkan kembali PC dan kalau tidak ada perintah untuk mengatur TIME/WAKTU di bios setup, berarti berhasil.
  6.   Untuk lebih meyakinkan, lihat waktu pada windows anda, kalau waktu-nya benar tidak berubah menjadi 00.00 padahal sebenarnya udah jam 09.12 misalnya, berarti berhasil.

Semoga yang saya tulis ini bisa membantu kawan-kawan yang mengalami permasalahan serupa dengan saya. :D Fighting!

Komentar