Cara koneksi Flashdisk ke Tablet Android melalui USB OTG

Apa itu USB OTG?

USB On The Go atau agar mudah diingat disingkat menjadi USB OTG adalah sebuah fitur pada smartphone yang dapat menghubungkan flashdisk atau perangkat keras lainnya seperti modem USB ke smartphone yang mendukung fitur ini.


Disini kita akan membahas cara koneksi flashdisk ke tablet android melalui USB OTG. Android yang digunakan disni adalah Ice Cream Sandwitch (ICS).

Cara koneksi Flashdisk ke Tablet Android

1. Sambungkan terlebih dahulu flashdisk ke USB OTG lalu masukan USB OTG yang sudah tersambung dengan flashdisk ke tablet.


2. Nanti setelah USB OTG disambungkan, akan muncul bacaan 'usb is mounted'.


3. Tekan/sentuh 'usb is mounted' agar flashdisk tersambung ke tablet android.


4.Setelah itu, masuk ke 'File Manager' untuk melihat isi flashdisk.


5. Di barisan atas terdapat menu-menu, salah satunya ada icon USB seperti yang disorot pada warna merah. Initnya cari aja yang ada icon USB-nya.


6. Flashdisk sudah tersambung melalui USB OTG ke tablet android.



Selamat mencoba :D semoga postingan ini bermanfaat ^_~

Komentar

  1. Informasi yang menarik, sederhana namun sangat bermanfaat.
    Silahkan berkunjung ke blog sederhana saya di http://mypalmoilindustry.blogspot.com

    BalasHapus
  2. tablet kamu tablet apaan ya?

    BalasHapus
  3. Tablet harus rooted apa ga ya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak usah di root. saya juga gak di root kok.. :) Kalo gak bisa aja, barangkali OS-nya gak suport. Waktu itu saya pake Android ICS

      Hapus
  4. Aku kok tab 3 susah yaa ,, flashdisk gak kebaca :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba pakai flashdisk yang lain atau kabel usb otg yang lain, klo tetep gak bisa juga.... mungkin gak suport untuk tab 3 :(

      Hapus
  5. gak tau soalnya gak punya advan. Coba aja kali aja bisa, soalnya supoprt-suportan.. :) good luck

    BalasHapus
  6. Gan tablet sy advan t3c awal kali pake otg bisa connect pakai stick converter...lalu saya sambungin ke hp lain pake otg bs connect jg pas masukin data tidak sengaja kabel terlepas alhirnya penyimpanan terputus..saat itu tablet sy tidak bs connect lg..mohon pencerahanya gan...thanks...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya gak tau pasti ya, karena belum pernah ngalamin hal itu. Tapi kalo baca kronologisnya, mungkin si usb otg-nya yang rusak. Tapi usb otg-nya mesti dicoba juga di smartphone yang lain. Kalo di smartphone yang lain baik-baik aja, tapi di advan tetep gak mau terhubung, bisa jadi advannya yang bermasalah.

      Kemungkinan lain, bisa juga flashdisk-nya yang rusak karena kejadian yang mbak rini sebutin. Untuk memastikan flashdisknya rusak apa nggak, coba hubungkan misal ke beberapa komputer. Kalo gak kebaca flashdisknya disemua komputer yang dicoba, berarti rusak.

      Maaf yah mbak, saya gak bisa jawab dengan pasti :D semoga penjelasan saya membantu.

      Hapus
  7. gan kemaren sya liat dari blog laen ktanya kalo mau flasdisknya kebaca harus di root dulu yg bener yg mana nih, dan 1 lagi kalo mau konek stick pc ke OTG apakah tinggal pakai doang apa di root dulu. trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf yah gan sebelumnya, saya gak pernah pake stick PC ke tablet buat maen game, dll jd gak bisa jawab. Soal bener apa nggak, itu mah cara aja dan tergantung masalahnya.

      Contoh kasus yang saya alami gini:
      Tablet saya gak usah di root dan flashdisk bisa dibaca sama tablet melalui usb OTG (sama kayak digambar). Tapi tablet sodara saya (beda merk, beda usb OTG *karena usb otg yang ada digambar ilang) gak bisa baca Flashdisk. Saya coba baca keterangan di kemasan USB otg yang saya beli untuk dipasang di tablet sodara saya itu. Keterangannya suport merk dan tipe-tipe tertentu dan tablet sodara saya gak masuk didalamnya. Nah... mungkin kalo Flashdisknya gak kebaca, itu artinya da yang gak suport. Kalo kita maksa biar bisa kebaca, ada cara kejamnya yaitu di root.

      Saya gak jamin soal root, soalnya belum pernah coba begitu-begituan. Sekian... semoga bermanfaat.

      Hapus
  8. Kalau pake tab 3 lite bisa connec gak

    BalasHapus
  9. Gan..kl advan s7..gimna spya supoort otg

    BalasHapus

Posting Komentar