Pastikan VGA Eksternal Anda Ada Kipas Pendinginnya


Berdasarkan pengalaman teman saya, VGA eksternal yang ia pakai tidak ada kipas pendinginnya. Sampai beberapa bulan ia pakai tiba-tiba komputernya sering restart sendiri. Akhirnya ia coba memeriksa satu persatu yang ada di CPU-nya. Dia coba mengganti RAM memastikan semua hardware sudah terpasang dengan benar hingga Power Suply menjadi tersangka dari kasus merestart tiba-tiba ini.

Karena sudah menempuh beberapa cara hingga ia harus putuskan untuk pergi ke tukang service Komputer hasilnya ia terpaksa membeli motherboard yang baru karena kebutuhan tugas kuliah pada saat itu mendesak. Setelah dianalisis beberapa hari oleh tukang servicenya, ternyata slot VGA di motherboard dia rusak dikarenakan VGA eksternal pada waktu itu kepanasan. Kenapa demikian? Karena di VGA-nya tidak terpasang kipas pendingin.

Bila Anda mempunyai VGA eksternal yang tidak ada kipas pendinginnya, maka jangan berkecil hati. Anda bisa membeli kipas pendingin biasa lalu ditempelkan ke VGA-nya. Atau bila ragu, coba minta di modif oleh tukang servicenya. Dan bagi yang niat membeli VGA eksternal, usahakan beli yang ada kipasnya. :D

Sekian dan semoga bermanfaat :D

Komentar