Penyebab CPU usage 100 % di Komputer

Nge-hank saat buka folder video?

Ini adalah pengalaman pribadi saya. Dulu, ini terjadi pada laptop saya. Setelah di install ulang, gak tau kenapa ketika membuka folder yang isinya video format FLV, tiba-tiba laptop-nya nge-hank. Pas saya coba ke ‘windows task manager’ (CTRL+ALT+DELETE), ternyata ada masalah di ‘windows.exe’. saya gak ngerti maksudnya apa. Padahal yang saya buka di folder itu gak ada ‘exe’.  Sampai akhirnya saya coba install ulang lagi dan tidak ada yang berubah, folder itu tetep gak bisa dibuka, bahkan satu klik aja bisa bikin hank.

Dari situ saya coba hapus video yang format ‘FLV’. Alhamdulillah gak kejadian hank lagi asal gak ada yang berbau ‘FLV’. Setelah beberapa bulan bertahan dengan tidak memasukan video.flv, saya mendapat film dari teman dengan format ‘MKV’. Semenjak ada ‘MKV’, laptop kembali menjadi aneh yaitu jadi lelet kalo buka folder yang berisi ‘MKV’ tersebut.

Kini saya kembali menggunakan Komputer Desktop.  Seteleah saya meng-upgradenya dan menambah hardisk baru lalu menginstal ulang kembali karena harus ada partisi yang dipecah, pengalaman pahit laptop saya kembali terulang yaitu folder yang berisi video bila dibuka maka computer menjadi nge-hank. Ketika saya lihat di CPU meter, Usage-nya sudah sampai 100%. Sampai pada akhirnya saya coba searching di Internet dari cara 1, 2 dan seterusnya, tetap saja gagal. Sampai pada akhirnya ada forum yang membahas soal ini. Alhamdulillah saya menemukan caranya yang sangat sederhana tanpa harus install ulang.

Cara mengatasi CPU usage 100 % saat membuka folder video yaitu :

Klik Start
All Program
Folder K-Lite Codec Pack
Codec Tweak Tool
All Option
Thumbnail Setting
Disable all (hilangkan semua tanda centang)
Apply and Close

Setelah melakukan langkah sederhana itu, folder pun dapat dibuka kembali dengan normal.  Cara ini diperuntukkan untuk yang menggunakan software K-LITE CODEC PACK. Saya pake yang versi 8.10 dan windows 7. Kalo ada cara lain, boleh di share :)

Selamat mencoba, semoga berhasil :)

Komentar

Posting Komentar